0305 : Rincian Mahrom Dan Yg Dapat Membatalkan Wudhu
Jumat, 21 Februari 2014
Tulis Komentar
PERTANYAAN :
Habib Allathif Assandali
apkah bersntuhan dngan mertua bsa membtalkn wudu?
JAWABAN :
=> MeDi Al-Murtaja Rohmata Robbi
saya coba perinci aja mahrom itu siapa aja.
Mahrom itu dibagi atas 3 sebab bagian :
1. Qorobah ( kerabat )
القرابة ، ويحرم منها سبع : الأمهات ، والبنات ، والأخوات والعمات ، والخالات ، وبنات الأخ ، وبنات الأخت
ibu, anak permpuan, saudara perempuan, bibi, uwa, ponakan dari saudara laki2, ponakan dari saurada perempuan
2. Rodo' ( satu susuan ), baik satu nasab ataupun bukan
أربع
نسوة يحرمن في النسب ، وفي الرضاع قد يحرمن ، وقد لا يحرمن . إحداهن : أم
الأخ والأخت في النسب حرام ، لأنها أم ، أو زوجة أب ، وفي الرضاع إن كانت
كذلك حرمت ، وإلا ، فلا ، بأن أرضعت أجنبية أخاك أو أختك
3. Mushoharoh 'ala ta'biid
إحداهن : أم زوجتك
وأم
زوجتك منها كأمك منك ، وسواء أمهات النسب والرضاع الثانية : زوجة ابنك
وابن ابنك وإن سفل بالنسب والرضاع الثالثة : زوجة الأب والأجداد وإن علوا
من قبل الأب والأم جميعا ، وتحرم زوجة الأب من الرضاع الرابعة : بنت الزوجة
، وبنت زوجتك منها كبنتك منك ، سواء بنت النسب والرضاع ، وتحرم الثلاث
الأوليات بمجرد العقد ، بشرط أن يكون صحيحا
ibu mertua, mantu perempuan, cucu, ibu tiri dan nenek tiri, cucu tiri ( perempuan ), anak perempuan tiri.
Raudoh . 4/112
وإن لمس محرما بنسب أو رضاع أو مصاهرة لم ينتقض على الأظهر
Apabila
menyentuh mahrom dengan sebab keturunan, satu susuan, ataupun
mushoharoh, maka menurut qaul yg paling dzohir tdk membatalkan wudhu.
Raudoh . 1/75
فحصل
من هذا أن المشهور عن الشافعي عدم الانتقاض ، واتفق أصحابنا في جميع الطرق
على أنه الصحيح إلا صاحب الإبانة فصحح الانتقاض وهو شاذ ليس بشيء . وهذان
القولان في محرم ذات رحم كالأم والبنت والأخت وبنت الأخ والأخت والعمة
والخالة ، وأما المحرمة برضاع أو مصاهرة كأم الزوجة وبنتها وزوجة الأم
والابن والجد ففيها طريقان ( المذهب ) أنها على القولين ، الصحيح عدم
الانتقاض ، وبهذا قطع البغوي والرافعي والآخرون .
(
والثاني ) حكاه الروياني : القطع بالانتقاض ، قال : وهذا ليس بشيء ، وحكى
في البيان الطريقين فيمن كانت حلالا له ، ثم حرمت بالمصاهرة كأم زوجته
وبنتها ، والصحيح الأول ، وأما المحرمة على التأبيد بلعان أو وطء شبهة أو
بالجمع كأخت الزوجة وبنتها قبل الدخول والمحرمة لمعنى فيها كالمرتدة
المجوسية والمعتدة فينقض لمسها بلا خلاف
Menurut
qaul yg mashur dari kalangan Madzhab Imam Syafi'i bahwasanya mahrom yg
senasab itu tidak membatalkan wudhu. Adapun mahrom satu susuan dan
mahrom sebab mushoharoh maka ada 2 pendapat :
1.
Menurut qaul yg paling sohih ialah tidak batal dan ini seperti yg telah
ditetapkan oleh Imam Baghowi , Imam Rafe'i dan yg lainya.
2. Menurut pendapat Imam Ruyani ialah batal, namun qaul ini tidak berpengaruh apa2.
Adapun
Mahrom sebab mushoharoh sebab krn dili'an atau wati subhat atau sebab
jima' seperti hal nya adik/kakak ipar atau anak tiri perempuan yg
istrinya belum didukhul, maka ulama sepakat membatalkan wudhu.
Majmu' Syarah Muhadzab . 3/32
3. Mushoharoh 'ala ta'biid
إحداهن : أم زوجتك
وأم
ibu mertua, mantu perempuan, cucu, ibu tiri dan nenek tiri, cucu tiri ( perempuan ), anak perempuan tiri.
Raudoh . 4/112
وإن لمس محرما بنسب أو رضاع أو مصاهرة لم ينتقض على الأظهر
Apabila
(
Menurut
Link Diskusi : https://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/276210379184026/
Link Dokumen : https://www.facebook.com/notes/forsil-aswaja-nusantara/304-rincian-mahrom-dan-yg-dapat-membatalkan-wudhu/284908381647559
Belum ada Komentar untuk "0305 : Rincian Mahrom Dan Yg Dapat Membatalkan Wudhu"
Posting Komentar