0142 : PENGERTIAN RUH , SUKMA DAN JIWA

Ibnu Abiel Huda

Assalamu'alaikum.. Mohon pencerahan ni.
Sering kita menyebut jiwa, ruh, sukma. Sebenarnya pengertianya apa to? 

JAWABAN :

A Haidar


Ruh manusia tercipta sebelum tubuh manusia tercipta, maka diketahui bahwa sebelum
adanya sesuatu, Allah telah sedia sebelum alam ini ada.
Tiada yang mengetahui kelakuan Ruh didalam tubuh mausia, sehingga diketahuilah bahwa
tiada seorang pun yang mengetahui kelakuan Allah SWT,
Tiada yang mengetahui tempat Ruh didalam tubuh manusia, sehingga dipahami bahwa
tiada seorang pun yangmengetahui tempat Allah SWT.
Ruh didalam tubuh tak dapat di indera dengan panca indera, sehingga diketahui bahwa Allah tidak dapat di indera dengan panca indera. Ruh tidak dapat dibandingkan dengan sesuatu, maka diketahui bahwa Allah tidak dapat dibandingkan (diserupakan) dengan sesuatu apapun.
Tidak ada yang menyerupainya oleh Sesuatu apapun." Dan Dia Allah maha mendengar lagi
maha melihat." (Asy-Syura : 11)


Alfaqir Gomed

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ

Sebagaiamana dikatakan oleh 'Allaqoni dalam Jawahiruttauhid
" Janganlah kamu mendalami pembicaraan tentang ruh, karena tidak datang nash dari agama tentang itu akan tetapi ada diperoleh bagi Imam Malik Ruh itu rupa seperti jasad,maka cukuplah untukmu nashnya dengan sanad ini".

Ruh menurut qoul Imam Malik,

ﻫﻲ ﺟﺴﻢ ﺫﻭ ﺻﻮﺭﺓ ﻛﺼﻮﺭﺓ ﺍﻟﺠﺴﺪ ﻓﻰ الشكل ﻭﺍﻟﻬﻴﺌﺔ

"Jisim yang mempynyai rupa sprtu rupa tubuh, pada bentuk dan kelakuanya".

Pendapat Imam Haromain lebih jelas lagi yaitu,

ﺟﺴﻢ ﻟﻄﻴﻒ ﺷﻔﺎﻑ ﻣﺸﺘﺒﻚ ﺑﺎﻟﺠﺴﻢ ﻛﺎ ﺷﺘﺒﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺑﺎﻟﻌﻮﺩ ﺍﻟﺤﻀﺮ

" Jisim halus yang jernih yang mesra pada badan seperti mesranya air pada kayu kayuan yang hijau".

Dalam Hasyiyah al-'Arllamah al-'Amir atas Syarhu asy-Syeikh 'Abdussalaam atas Jauharah fii al-'Ilmi al-Kalaam hal 97,

ﻭﺻﺮﺡ ﺍﻟﻌﺰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺑﺎﻥ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺟﺴﺪ ﺭﻭ ﺣﻴﻦ
ﺍﺣﺪﻫﻤﺎ ﺭﻭﺡ ﺍﻟﻴﻘﻈﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺍﺟﺮ ﻯ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎ ﺩﺓ ﺑﺎﻧﻬﺎ ﺍﺫﺍ
ﻛﺎ ﻧﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺴﺪ ﻛﺎ ﻥ ﺍﻻ ﻧﺴﺎﻥ ﻣﺴﺘﻴﻘﻈﺎ ﻓﺎﺫﺍ ﺧﺮﺟﺖ
ﻣﻨﻪ ﻧﺎﻡ ﻭﺭﺃﺕ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﺮﻭﺡ ﺍﻟﻤﻨﺎﻣﺎﺕ.ﻭﺍﻻﺧﺮ ﻯ ﺭﻭﺡ
ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺘﻲ ﺍﺟﺮ ﻯ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎﺩﺓ ﺑﺎﻧﻬﺎ ﺍﺫﺍ ﻛﺎ ﻧﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺴﺪ
ﻛﺎﻥ ﺣﻴﺎ ﻓﺎﺫﺍ ﻓﺎﺭ ﻗﺘﻪ ﻣﺎﺗﺎ ﻭﻫﺎ ﻧﺎ ﻥ ﺍﻟﺮﻭﺣﺎ ﻥ ﻓﻲ ﺑﺎ ﻃﻦ
ﺍﻻﻧﺴﺎﻥ ﻻ ﻳﻌﺮﻑ ﻣﻘﺮ ﻫﻤﺎ ﺍﻻ ﻣﻦ ﺍﻃﻠﻌﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺫﺍ
ﻟﻚ .

"Telah menyatakan 'Izzudin ibnu 'Abdissalaam,ba hwa pd tiap2 jasad itu ada dua ruh. Salah satu dari keduanya ialah:
- Ruuhul Yaqodzoh(ruh jaga), yang dialirkan oleh Allah SWT, jika ia berada pada jasad jadilah manusia itu terjaga atau melek. Maka apabila ia keluar daripadanya tidur manusia, dan melihat ruh itu akan mimpi mimpi.
- Ruuhul Hayaat, yaitu ruh hidup.Yang di alirkan oleh Allah padanya, jika ia berada pada satu jasad, jadilah ia hidup.Maka apabila ia terpisah dari badan matilah manusia.
Dan kedua ruh ini berada pada dalam bathin manusia yang tidak mengetahui tempat ketetapanya melainkan orang yang diperlihatkan Allah kepadanya atas yang demikian itu."
demikian menurut 'Izzrudin ibnu 'Abdissalaam.

Namun,mendalami pembicaraan mengenai ruh adalah termasuk apa2 yang tidak dilakukan
oleh Rosuulullah SAW, sebagaimana dikatakan oleh Allaqoni dlm Jawahiru at-Tauhidnya diatas,
Ibnu Ruslan pun menegaskan persoalan pembicaraan dalam Zubadnya,

ﻭﺍﻟﺮﻭﺡ ﻣﺎ ﺍﺧﺒﺮ ﻋﻨﻬﺎ ﺍﻟﻤﺠﺘﺒﻰ: ﻓﻨﻤﺴﻚ ﺍﻟﻤﻘﺎ ﻝ ﻋﻨﻬﺎ ﺍﺩﺑﺎ

"Dan peesoalan ruuh yang diberitakan oleh Nabi yang terpilih,maka kita menahan pembicaraan tentang itu,karena menjalankan adab."

Walloohu 'alam bisshowab,
Taudhihul Adillah, Mu'allim KH. Muhammad Syafi'i Hadzami


Link Diskusi : www.facebook.com/groups/221287434676321?view=permalink&id=252200738251657&_rdr#252337998237931

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "0142 : PENGERTIAN RUH , SUKMA DAN JIWA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel