0177 : HUKUM ORANG YANG MENGKONSUMSI BABI

Mubin Zhaputra

Assalamualaikum.

Kang,,,yai:
Apakah kaum kafirin yg mengkonsumsi babi,:
Muntahnya, Kencingnya, Kotorannya, Juga Najis MUGHOLAZOH...???

Mewakili; yg jadi TKW/babysiter yg kerja di NonMuslim*

JAWABAN

Cecep Furqon

Wa’alaikumusalaam
1. Muntah orang yang makan anjing atau babi jika keluarnya sudah berubah maka tidak menjadi mugholazoh, berbeda halnya jika belum berubah, hal ini dapat kita fahami dai ta’bir tuhfatul muhtaj DIBAWAH. Ini berbeda dengan jika ia makan tulangnya maka wjib dibasuh hingga mafhumnya muntahan dari makan tulang BAIK SUDAH BERUBH ATAU BELUM adalah najis mugholadzoh

2. kencing tidak najis mugoladzoh

3. kotornya. Jika ia makan daging maka tidak wajib membasuh tujuh kali duburnya. Mafhum tidak dianggap najis mugholadzoh. Berbeda dengan tulang maka wajib membasuh tujuh kali. Mafhum jika tulang yang dimakan mak kotorannya menjadi najis, baik tulang itu sudah berubah atau belum. Lihat tuhfatul muhtaj

( قوله : في الاستنجاء ) أي بالحجر لأنه الذي يعتبر فيه عدد ( قوله : ولو أكل لحم كلب ) خرج به العظم فيجب التسبيع بخروجه من الدبر ولو على غير صورته ، وينبغي أن مثل اللحم العظم الرقيق الذي يؤكل عادة معه ، ولا عبرة بما تنجس به على ما اقتضاه تعليله حتى لو تقايأه بعد استحالته لم يجب التسبيع ، إلا أن يقال ما تحيله المعدة تلقيه إلى أسفل ، فما يتقايأه ليس من شأنه الاستحالة فيجب التسبيع وإن كان مستحيلا .

وعبارة شيخنا الزيادي : بخلاف ما لو تقايأه : أي اللحم فإنه يجب عليه تسبيع فمه مع التتريب ا هـ .

ومفهومه أنه لا يجب التتريب من القيء إذا استحال وهو ظاهر ، وما أفاده كلام شيخنا الزيادي من وجوب التسبيع إذا خرج من فمه غير مستحيل يفهمه قول الشارح لم يجب تسبيع دبره من خروجه ، حيث قيد بالخروج من الدبر

KEMUDIAN

Lanjut,,,

bagaimna Hukumnya,;!?
ketika si sitter di suruh oleh majikannya, mengajari si anak dengan agama mereka,,,
ctoh; seperti bernyanyi natal, suruh baca doa versi kapir (misal si sitter di kasih tulisan doanya) biar si anak jadi bisa.

Dan. apakah si sitter jadi syirik,(murtad)
================
Tetap menyebabkan murtad ....Laa to'ata limasiyatil kholiq. kecuali terdapat ancaman yang berkaitan dengan nyawa maka diperbolehkan dengan sarat hatinya tetap dalam keimanan...

لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق

1707 حدثنا قتيبة حدثنا الليث عن عبيد الله بن عمر عن نافع عن ابن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ما لم يؤمر بمعصية فإن أمر بمعصية فلا سمع عليه ولا طاعة قال أبو عيسى وفي الباب عن علي وعمران بن حصين والحكم بن عمرو الغفاري وهذا حديث حسن صحيح

إلا من أكره وقلبه مطمئن بالإيمان

Ayat ini adalah kalimat istisna yang musbat sehingga memberi faidah nafi. hingga maknanya orang yang dipaksa dengan ancaman nyawa kemudian melkukannya maka perbuatan itu ma'dzur dan selma hatinya tenang, maka ia terlepas dari hukum kufur/murtad.

berbeda halnya jika ia masih bisa menolak maka wajib baginya menolak sebab masih terhitung mukalaaf atau terbebani hukum menolak....hingga jika ia menurut maka murtadlah ia atau terhukum dosa demikian ucapan Imam ghazali yang ditukil oleh Abu Ishaq Assyairozi

فقال الشيخ أبو إسحاق الشيرازي : انعقد الإجماع على أن المكره على القتل مأمور باجتناب القتل والدفع عن نفسه وأنه يأثم إن قتل من أكره على قتله ، وذلك يدل أنه مكلف حالة الإكراه

NIHAYATUL MUHTAJ

ولو أكل لحم كلب لم يجب تسبيع دبره من خروجه وإن خرج بعينه قبل استحالته فيما يظهر ، وأفتى به البلقيني لأن الباطن محيل

Link Dokumen : HUKUM ORANG YANG MENGKONSUMSI BABI
Link Diskusi : HUKUM ORANG YANG MENGKONSUMSI BABI

Belum ada Komentar untuk "0177 : HUKUM ORANG YANG MENGKONSUMSI BABI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel