0371 : Alloh Ada Tanpa Tempat dan Arah
Minggu, 25 Mei 2014
Tulis Komentar
Abed Kuple
Assalaamu'alaikum warahmatullaah wabarakaatuh. Semoga bermanfaat.
Klo ada org yg nanya seandainya Allaah ada tanpa tempat dan arah, lalu mengapa:
1). Nabi isro mi'raj ke langit?
2). Anak kecil jika ditanya di mana Allah, maka akan menjawab Allah ada di atas langit?
3). Kalau kita berdo'a tangan kita tengadahkan ke atas? 4). Mengapa ada Nuzulul Qur'an? Bukankah itu berarti Qur'an diturunkan dari atas?
Jawabnya berikut ini:
Aswaja: "Apakah anda merujuk pada Al-Qur'an dngn apa yg Anda sebutkan dan tanyakan tadi?
"Wahhabi: "Ya.
"Aswaja: "Apakah meyakini apa yang menjadi maksud ayat-ayat tersebut wajib?
"Wahhabi: "Ya.
Aswaja: "Bagaimana dengan firman Allah:" Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada." (QS. al-Hadid :4). Apakah ini termasuk al-Qur'an?
"Wahhabi: "Ya.
Aswaja: "Juga firman Allah: "Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya…." (QS. al-Mujadilah : 7). Apakah ayat ini termasuk al-Qur'an juga?" Aswaja: "(Kedua ayat ini menunjukkan bahwa Allah tidak ada di langit). Mengapa Anda menganggap ayat-ayat yang Anda sebutkan tadi lebih utama untuk diyakini dari pada kedua ayat yang saya sebutkan ini? Padahal kesemuanya juga dari Allah?" Wahhabi: ??? Seandainya mereka mengklaim adanya ijma' ulama yang mengharuskan menta'wil ayat-ayat yang kita sebutkan tadi, tentu saja kita akan menceritakan kepada mereka informasi beberapa ulama seperti al-Hafizh Ibn Hajar tentang ijma'ulama salaf untuk tidak menta'wil semua ayat-ayat sifat dalam al-Qur'an, bahkan yang wajib harus mengikuti pendekatan tafwidh (menyerahkan pengertiannya kepada Allah SWT).
Karena: Allah ada tanpa tempat dan serupaﻗﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻣﺤﻤﺪ ﺣﻘﻰ ﺍﻟﻨﺎﺯﻟﻰ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺧﺰﻳﻨﺔ ﺍﻷﺳﺮﺍﺭ ﺹ ١٤٥ ﻓﻲ
ﻓﺼﻞ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺍﻟﻮﺍﺭﺩﺓ ﻭ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺁﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻓﺎﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻌﻠﻮ ﻋﻠﻮ ﺍﻟﻘﺪﺭﺓ ﻭ ﺍﻟﻤﻨﺰﻟﺔ ﻻ ﻋﻠﻮ ﺍﻟﻤﻜﺎﻥ ﻻﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻨﺰﻩ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﺤﻴﺰ ﻭ ﻛﺬﺍ ﻋﻈﻤﺘﻪ ﺍﻧﻤﺎ ﻫﻲ ﺑﺎﻟﻤﻬﺎﺑﺔ ﻭ ﺍﻟﻘﻬﺮ ﻭ ﺍﻟﻜﺒﺮﻳﺎﺀ ﻭ ﻳﻤﻨﻊ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺤﺴﺐ ﺍﻟﻤﻘﺪﺍﺭ ﻭ ﺍﻟﺤﺠﻢ ﻟﺘﻌﺎﻟﻰ ﺷﺄﻧﻪ ﻋﻦ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺟﻨﺲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻫﺮ ﻭ ﺍﻷﺟﺴﺎﻡ
Berkata Al-Ustadz As-Sayyid Muhammad Haqqiy An-Naaziliy dalam kitabnya " Khozinatul Asror " halaman 145 terbitan Syirkah Al-Ma'arif Indonesia pada pasal yang menerangkan hadits-hadits shohih dan pendapat para Ulama mengenai tafsir ayat Kursiy : Adapun yang dimaksud "Uluww" / tinggi adalah tingginya kekuasaan dan kedudukan , bukan tingginya tempat karena sesungguhnya Allah ta'ala maha Luhur dari bertempat , begitu pula KeAgunganNya adalah keAgungan dengan kewibawaan , menguasai dan kesombongan dan dicegah/tidak mungkin adanya Allah dengan ukuran dan hajam karena Maha Luhurnya Allah dari keberadaanNya dari jenis Jauhar/atom dan Jisim- jisim / benda. Imam Muhammad bin Badruddin bin Balyan Ad- Dimasyqiyyi Al-Hanbaliy (wafat tahun 1083 H) dalam kitabnya "Mukhtashor al-ifadat" hal 489 mengatakan: Barang siapa meyakini atau mengucapkan " sesungguhnya Allah dengan DzatNya ada dimana- mana atau disuatu tempat " maka ia " KAFIR
ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺑﺪﺭ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﻦ ﺑﻠﺒﺎﻥ ﺍﻟﺪﻣﺸﻘﻲ ﺍﻟﺤﻨﺒﻠﻲ ﺍﻟﻤﺘﻮﻓﻰ ﺳﻨﺔ 1083 ﻟﻠﻬﺠﺮﺓ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ[(ﻣﺨﺘﺼﺮ ﺍﻹﻓﺎﺩﺍﺕ)/ﺹ489]:" ﻣﻦ ﺍﻋﺘﻘﺪ ﺃﻭ ﻗﺎﻝ ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺬﺍﺗﻪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﻜﺎﻥ ﺃﻭ ﻓﻲ ﻣﻜﺎﻥ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻓﺮ
Langit bukan tempat bagi Allah Langit adalah tempat para malaikat Langit adalah qiblat do'a
ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ (ﺷﺮﺡ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ) ﻣﺎ ﻧﺼﻪ :" ﺇﺫﺍ ﺩﻋﺎ ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺭﺑﻪ ﺍﺳﺘﻘﺒﻞ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﺍﺳﺘﻘﺒﻞ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ . ﻭﻟﻴﺲ ﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﺤﺼﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻣﻨﺤﺼﺮﺍ ﻓﻲ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻷﻥ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﺪﺍﻋﻴﻦ ﻛﻤﺎ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ "ﺍ.ﻫـ.. .ﻳﻘﻮﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :" ﻣﺎ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺃﻱ ﻓﻲ ﺟﻨﺐ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺇﻟﺎ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﺑﺄﺭﺽ ﻓﻼﺓ ، ﻭﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﻔﻀﻞ ﺍﻟﻔﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ " ؟؟.. ﺭﻭﻯ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ (ﺻﺤﻴﺤﻪ) ﻭﺻﺤﺤﻪ ..ﻓﻜﻴﻒ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻣﺎ ﻳﺸﺒﻪ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ ﺍﻟﻤﻠﻘﺎﺓ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ !!.ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺀﺍﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻲ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻫﻮ ﺟﺮﻡ ﻛﺒﻴﺮ ﺟﺪﺍ ﺧﻠﻘﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﺤﻜﻤﺔ ﻳﻌﻠﻤﻬﺎ ﻫﻮ .ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺟﺴﻢ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻭﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺠﻨﺔ .ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺪﺧﻠﻬﺎ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻣﻮﺟﻮﺩﺓ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ . ﻭﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺠﻨﺔ . ﻟﻜﻦ ﻫﻮ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺳﻘﻒ ﺍﻟﺠﻨﺔ . ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻟﻬﺎ ﺳﻘﻒ . ﻭﺳﻘﻔﻬﺎ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ . ﺳﻘﻒ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻳﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ . ﺃﻱ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﻠﻪ . ﻭﻫﺬﺍ ﺷﻲﺀ ﺛﺎﺑﺖ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺒﺪﻭ ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ .ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ (( ﻭﺳﻊ ﻛﺮﺳﻴﻪ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺭﺽ )) [ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ /255].ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺭﺑﻨﺎ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺒﺪﻭ ﻫﻮ ﺍﻵﺧﺮ ، ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺮﺵ ، ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ .ﻳﻘﻮﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :" ﻣﺎ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺃﻱ ﻓﻲ ﺟﻨﺐ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺇﻟﺎ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﺑﺄﺭﺽ ﻓﻼﺓ ، ﻭﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﻔﻀﻞ ﺍﻟﻔﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ " ؟؟.. ﺭﻭﻯ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ (ﺻﺤﻴﺤﻪ) ﻭﺻﺤﺤﻪ ..ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺣﺠﻤﺎ ﻟﻜﺎﻥ ﻟﻪ ﺃﻣﺜﺎﻝ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻣﺜﻞ ﻟﻪ .ﺟﻬﺔ ﻓﻮﻕ ﻣﺴﻜﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ . ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺃﺣﺎﻁ ﺑﻪ ﻣﻼﺋﻜﺔ ﻻ ﻳﺤﺼﻲ ﻋﺪﺩﻫﻢ ﺇﻟﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ . ﻭﻫﻢ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻣﻼﺋﻜﺔ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ . ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺟﻌﻠﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻠﻤﻼﺋﻜﺔ ﻛﻌﺒﺔ ﻳﻄﻮﻓﻮﻥ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻧﺤﻦ ﻧﻄﻮﻑ ﺑﺎﻟﻜﻌﺒﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻲ ﻣﻜﺔ . ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻟﻴﺲ ﻣﺮﻛﺰﺍ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ، ﻛﻤﺎ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻟﻴﺴﺖ ﻣﺮﻛﺰﺍ ﻟﻠﻪ .ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺣﺠﻢ ﺧﻠﻘﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻴﻜﻮﻥ ﻛﻌـﺒﺔ ﻟﻠﻤﻼﺋﻜﺔ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺣﻮﻟﻪ ﻟﻴﻄﻮﻓﻮﺍ ﺑﻪ . ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ (( ﻭﺗﺮﻯ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺣﺎﻓﻴﻦ ﻣﻦ ﺣﻮﻝ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻳﺴﺒﺤﻮﻥ ﺑﺤﻤﺪ ﺭﺑﻬﻢ ))[ﺍﻟﺰﻣﺮ75 /
Dokumen : https://www.facebook.com/notes/forsil-aswaja-nusantara/0357-alloh-ada-tanpa-tempat-dan-arah/356971474441249
Diskusi : https://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/325204244284639/
Assalaamu'alaikum warahmatullaah wabarakaatuh. Semoga bermanfaat.
Klo ada org yg nanya seandainya Allaah ada tanpa tempat dan arah, lalu mengapa:
1). Nabi isro mi'raj ke langit?
2). Anak kecil jika ditanya di mana Allah, maka akan menjawab Allah ada di atas langit?
3). Kalau kita berdo'a tangan kita tengadahkan ke atas? 4). Mengapa ada Nuzulul Qur'an? Bukankah itu berarti Qur'an diturunkan dari atas?
Jawabnya berikut ini:
Aswaja: "Apakah anda merujuk pada Al-Qur'an dngn apa yg Anda sebutkan dan tanyakan tadi?
"Wahhabi: "Ya.
"Aswaja: "Apakah meyakini apa yang menjadi maksud ayat-ayat tersebut wajib?
"Wahhabi: "Ya.
Aswaja: "Bagaimana dengan firman Allah:" Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada." (QS. al-Hadid :4). Apakah ini termasuk al-Qur'an?
"Wahhabi: "Ya.
Aswaja: "Juga firman Allah: "Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya…." (QS. al-Mujadilah : 7). Apakah ayat ini termasuk al-Qur'an juga?" Aswaja: "(Kedua ayat ini menunjukkan bahwa Allah tidak ada di langit). Mengapa Anda menganggap ayat-ayat yang Anda sebutkan tadi lebih utama untuk diyakini dari pada kedua ayat yang saya sebutkan ini? Padahal kesemuanya juga dari Allah?" Wahhabi: ??? Seandainya mereka mengklaim adanya ijma' ulama yang mengharuskan menta'wil ayat-ayat yang kita sebutkan tadi, tentu saja kita akan menceritakan kepada mereka informasi beberapa ulama seperti al-Hafizh Ibn Hajar tentang ijma'ulama salaf untuk tidak menta'wil semua ayat-ayat sifat dalam al-Qur'an, bahkan yang wajib harus mengikuti pendekatan tafwidh (menyerahkan pengertiannya kepada Allah SWT).
Karena: Allah ada tanpa tempat dan serupaﻗﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻣﺤﻤﺪ ﺣﻘﻰ ﺍﻟﻨﺎﺯﻟﻰ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺧﺰﻳﻨﺔ ﺍﻷﺳﺮﺍﺭ ﺹ ١٤٥ ﻓﻲ
ﻓﺼﻞ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺍﻟﻮﺍﺭﺩﺓ ﻭ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺁﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻓﺎﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻌﻠﻮ ﻋﻠﻮ ﺍﻟﻘﺪﺭﺓ ﻭ ﺍﻟﻤﻨﺰﻟﺔ ﻻ ﻋﻠﻮ ﺍﻟﻤﻜﺎﻥ ﻻﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻨﺰﻩ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﺤﻴﺰ ﻭ ﻛﺬﺍ ﻋﻈﻤﺘﻪ ﺍﻧﻤﺎ ﻫﻲ ﺑﺎﻟﻤﻬﺎﺑﺔ ﻭ ﺍﻟﻘﻬﺮ ﻭ ﺍﻟﻜﺒﺮﻳﺎﺀ ﻭ ﻳﻤﻨﻊ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺤﺴﺐ ﺍﻟﻤﻘﺪﺍﺭ ﻭ ﺍﻟﺤﺠﻢ ﻟﺘﻌﺎﻟﻰ ﺷﺄﻧﻪ ﻋﻦ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺟﻨﺲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻫﺮ ﻭ ﺍﻷﺟﺴﺎﻡ
Berkata Al-Ustadz As-Sayyid Muhammad Haqqiy An-Naaziliy dalam kitabnya " Khozinatul Asror " halaman 145 terbitan Syirkah Al-Ma'arif Indonesia pada pasal yang menerangkan hadits-hadits shohih dan pendapat para Ulama mengenai tafsir ayat Kursiy : Adapun yang dimaksud "Uluww" / tinggi adalah tingginya kekuasaan dan kedudukan , bukan tingginya tempat karena sesungguhnya Allah ta'ala maha Luhur dari bertempat , begitu pula KeAgunganNya adalah keAgungan dengan kewibawaan , menguasai dan kesombongan dan dicegah/tidak mungkin adanya Allah dengan ukuran dan hajam karena Maha Luhurnya Allah dari keberadaanNya dari jenis Jauhar/atom dan Jisim- jisim / benda. Imam Muhammad bin Badruddin bin Balyan Ad- Dimasyqiyyi Al-Hanbaliy (wafat tahun 1083 H) dalam kitabnya "Mukhtashor al-ifadat" hal 489 mengatakan: Barang siapa meyakini atau mengucapkan " sesungguhnya Allah dengan DzatNya ada dimana- mana atau disuatu tempat " maka ia " KAFIR
ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺑﺪﺭ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﻦ ﺑﻠﺒﺎﻥ ﺍﻟﺪﻣﺸﻘﻲ ﺍﻟﺤﻨﺒﻠﻲ ﺍﻟﻤﺘﻮﻓﻰ ﺳﻨﺔ 1083 ﻟﻠﻬﺠﺮﺓ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ[(ﻣﺨﺘﺼﺮ ﺍﻹﻓﺎﺩﺍﺕ)/ﺹ489]:" ﻣﻦ ﺍﻋﺘﻘﺪ ﺃﻭ ﻗﺎﻝ ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺬﺍﺗﻪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﻜﺎﻥ ﺃﻭ ﻓﻲ ﻣﻜﺎﻥ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻓﺮ
Langit bukan tempat bagi Allah Langit adalah tempat para malaikat Langit adalah qiblat do'a
ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ (ﺷﺮﺡ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ) ﻣﺎ ﻧﺼﻪ :" ﺇﺫﺍ ﺩﻋﺎ ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺭﺑﻪ ﺍﺳﺘﻘﺒﻞ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﺍﺳﺘﻘﺒﻞ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ . ﻭﻟﻴﺲ ﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﺤﺼﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻣﻨﺤﺼﺮﺍ ﻓﻲ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻷﻥ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﺪﺍﻋﻴﻦ ﻛﻤﺎ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ "ﺍ.ﻫـ.. .ﻳﻘﻮﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :" ﻣﺎ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺃﻱ ﻓﻲ ﺟﻨﺐ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺇﻟﺎ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﺑﺄﺭﺽ ﻓﻼﺓ ، ﻭﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﻔﻀﻞ ﺍﻟﻔﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ " ؟؟.. ﺭﻭﻯ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ (ﺻﺤﻴﺤﻪ) ﻭﺻﺤﺤﻪ ..ﻓﻜﻴﻒ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻣﺎ ﻳﺸﺒﻪ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ ﺍﻟﻤﻠﻘﺎﺓ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ !!.ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺀﺍﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻲ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻫﻮ ﺟﺮﻡ ﻛﺒﻴﺮ ﺟﺪﺍ ﺧﻠﻘﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﺤﻜﻤﺔ ﻳﻌﻠﻤﻬﺎ ﻫﻮ .ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺟﺴﻢ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻭﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺠﻨﺔ .ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺪﺧﻠﻬﺎ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻣﻮﺟﻮﺩﺓ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ . ﻭﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺠﻨﺔ . ﻟﻜﻦ ﻫﻮ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺳﻘﻒ ﺍﻟﺠﻨﺔ . ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻟﻬﺎ ﺳﻘﻒ . ﻭﺳﻘﻔﻬﺎ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ . ﺳﻘﻒ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻳﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ . ﺃﻱ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﻠﻪ . ﻭﻫﺬﺍ ﺷﻲﺀ ﺛﺎﺑﺖ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺒﺪﻭ ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ .ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ (( ﻭﺳﻊ ﻛﺮﺳﻴﻪ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺭﺽ )) [ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ /255].ﻭﻻ ﻳﺴﻜﻦ ﺭﺑﻨﺎ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺒﺪﻭ ﻫﻮ ﺍﻵﺧﺮ ، ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺮﺵ ، ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻓﻲ ﺻﺤﺮﺍﺀ ﻭﺍﺳﻌﺔ .ﻳﻘﻮﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :" ﻣﺎ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺃﻱ ﻓﻲ ﺟﻨﺐ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ـ ﺇﻟﺎ ﻛﺤﻠﻘﺔ ﻣﻠﻘﺎﺓ ﺑﺄﺭﺽ ﻓﻼﺓ ، ﻭﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﻛﻔﻀﻞ ﺍﻟﻔﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻠﻘﺔ " ؟؟.. ﺭﻭﻯ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ (ﺻﺤﻴﺤﻪ) ﻭﺻﺤﺤﻪ ..ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺣﺠﻤﺎ ﻟﻜﺎﻥ ﻟﻪ ﺃﻣﺜﺎﻝ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻣﺜﻞ ﻟﻪ .ﺟﻬﺔ ﻓﻮﻕ ﻣﺴﻜﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ . ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺃﺣﺎﻁ ﺑﻪ ﻣﻼﺋﻜﺔ ﻻ ﻳﺤﺼﻲ ﻋﺪﺩﻫﻢ ﺇﻟﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ . ﻭﻫﻢ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻣﻼﺋﻜﺔ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﻊ . ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺟﻌﻠﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻠﻤﻼﺋﻜﺔ ﻛﻌﺒﺔ ﻳﻄﻮﻓﻮﻥ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻧﺤﻦ ﻧﻄﻮﻑ ﺑﺎﻟﻜﻌﺒﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻲ ﻣﻜﺔ . ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻟﻴﺲ ﻣﺮﻛﺰﺍ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ، ﻛﻤﺎ ﺃﻥ ﺍﻟﻜﻌﺒﺔ ﻟﻴﺴﺖ ﻣﺮﻛﺰﺍ ﻟﻠﻪ .ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺣﺠﻢ ﺧﻠﻘﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻴﻜﻮﻥ ﻛﻌـﺒﺔ ﻟﻠﻤﻼﺋﻜﺔ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺣﻮﻟﻪ ﻟﻴﻄﻮﻓﻮﺍ ﺑﻪ . ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ (( ﻭﺗﺮﻯ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺣﺎﻓﻴﻦ ﻣﻦ ﺣﻮﻝ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻳﺴﺒﺤﻮﻥ ﺑﺤﻤﺪ ﺭﺑﻬﻢ ))[ﺍﻟﺰﻣﺮ75 /
Dokumen : https://www.facebook.com/notes/forsil-aswaja-nusantara/0357-alloh-ada-tanpa-tempat-dan-arah/356971474441249
Diskusi : https://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/325204244284639/
Belum ada Komentar untuk "0371 : Alloh Ada Tanpa Tempat dan Arah"
Posting Komentar