0158 : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR
Sabtu, 05 Oktober 2013
Tulis Komentar
Asyafiraa Qolby Ana
bismillah
mendesak...mhon para jajaran admin
penjelasan hukum nikah misyar/ nikah mut'ah????
JAWABAN:Hasanul Zain
Nikah Muth'ah (kawin kontrak) atau Nikah dengan Tempo dalam istilah kaum wahhabi dikenal dengan sebutan nikah Misyar menurut Jumhur 'Ulama hukumnya tidak Sah.
Armada sultan Iskandar badarudin Plembang darusalam
nikah mut'ah adalh nikah dngan menggunakan takqit.ato lbih populer dngan kawin kontrak.sdangkan tjuan dari nkah mut'ah hanyalah mencari kesenangan bukan anak dan mewariskan. nikah mut'ah pda awal islam hukumx wenang d karnakan kemurahan bg orang sangat membutuhkan(gak kuat nahan sahwat)dan jg karna bnyaknya lelaki muslin dn sedikit wanita muslimnya.lalu haram saat terjadinya perang khoibar.lalu boleh lg saat perang futuh dn sebelum haji wada'.lalu haram selamanya.
nihayatuzzain (301)
yang intinya nikah dngan di batasi waktu hukumx tdak sah.
Asyafiraa Qolby Ana
ta'bir Nikah mut'ah sempat dihalalkan pada awal awal islam guna mengakomodasi para sahabat Nabi yang sedang berperang , namun kemudian hukum itu dicabut. surat An-Nisa ayat 24
( والمحصنات من النساء إلا ما ملكت أيمانكم كتاب الله عليكم وأحل لكم ما وراء ذلكم أن تبتغوا بأموالكم محصنين غير مسافحين فما استمتعتم به منهن فآتوهن أجورهن فريضة ولا جناح عليكم فيما تراضيتم به من بعد الفريضة إن الله كان عليما حكيما
( penjelasan ulama atas ayat ini : 1. tafsir ibnu katsir :
وقد استدل بعموم هذه الآية على نكاح المتعة ، ولا شك أنه كان مشروعا في ابتداء الإسلام ، ثم نسخ بعد ذلك . وقد ذهب الشافعي وطائفة من العلماء إلى أنه أبيح ثم نسخ ، ثم أبيح ثم نسخ ، مرتين . وقال آخرون أكثر من ذلك ، وقال آخرون : إنما أبيح مرة ، ثم نسخ ولم يبح بعد ذلك . 2.
tafsir Al-qurthuby
قال ابن خويز منداد : ولا يجوز أن تحمل الآية على جواز المتعة ؛ لأن رسول الله صلى
الله عليه وسلم نهى عن نكاح المتعة وحرمه ؛ ولأن الله تعالى قال : فانكحوهن بإذن أهلهن ومعلوم أن النكاح بإذن الأهلين هو النكاح الشرعي بولي وشاهدين ، ونكاح المتعة ليس كذلك . وقال الجمهور : المراد نكاح المتعة الذي كان في صدر الإسلام . وقرأ ابن عباس وأبي وابن جبير " فما استمتعتم به منهن إلى أجل مسمى فآتوهن أجورهن " ثم نهى عنها النبي صلى الله عليه وسلم . وقال سعيد بن المسيب : نسختها آية الميراث ؛ إذ كانت المتعة لا ميراث فيها . وقالت عائشة والقاسم بن محمد : تحريمها ونسخها في القرآن 3.
tafsir Al-Baghowy
( فآتوهن أجورهن ) أي : مهورهن ، وقال آخرون : هو نكاح المتعة وهو أن ينكح امرأة إلى مدة فإذا انقضت تلك المدة بانت منه بلا طلاق ، وتستبرئ رحمها وليس بينهما ميراث ، وكان ذلك مباحا في ابتداء الإسلام ، ثم نهى عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم .
Dokumen Forsil : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR
Link Diskusi : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR
bismillah
mendesak...mhon para jajaran admin
penjelasan hukum nikah misyar/ nikah mut'ah????
JAWABAN:Hasanul Zain
Nikah Muth'ah (kawin kontrak) atau Nikah dengan Tempo dalam istilah kaum wahhabi dikenal dengan sebutan nikah Misyar menurut Jumhur 'Ulama hukumnya tidak Sah.
Armada sultan Iskandar badarudin Plembang darusalam
nikah mut'ah adalh nikah dngan menggunakan takqit.ato lbih populer dngan kawin kontrak.sdangkan tjuan dari nkah mut'ah hanyalah mencari kesenangan bukan anak dan mewariskan. nikah mut'ah pda awal islam hukumx wenang d karnakan kemurahan bg orang sangat membutuhkan(gak kuat nahan sahwat)dan jg karna bnyaknya lelaki muslin dn sedikit wanita muslimnya.lalu haram saat terjadinya perang khoibar.lalu boleh lg saat perang futuh dn sebelum haji wada'.lalu haram selamanya.
nihayatuzzain (301)
yang intinya nikah dngan di batasi waktu hukumx tdak sah.
Asyafiraa Qolby Ana
ta'bir Nikah mut'ah sempat dihalalkan pada awal awal islam guna mengakomodasi para sahabat Nabi yang sedang berperang , namun kemudian hukum itu dicabut. surat An-Nisa ayat 24
( والمحصنات من النساء إلا ما ملكت أيمانكم كتاب الله عليكم وأحل لكم ما وراء ذلكم أن تبتغوا بأموالكم محصنين غير مسافحين فما استمتعتم به منهن فآتوهن أجورهن فريضة ولا جناح عليكم فيما تراضيتم به من بعد الفريضة إن الله كان عليما حكيما
( penjelasan ulama atas ayat ini : 1. tafsir ibnu katsir :
وقد استدل بعموم هذه الآية على نكاح المتعة ، ولا شك أنه كان مشروعا في ابتداء الإسلام ، ثم نسخ بعد ذلك . وقد ذهب الشافعي وطائفة من العلماء إلى أنه أبيح ثم نسخ ، ثم أبيح ثم نسخ ، مرتين . وقال آخرون أكثر من ذلك ، وقال آخرون : إنما أبيح مرة ، ثم نسخ ولم يبح بعد ذلك . 2.
tafsir Al-qurthuby
قال ابن خويز منداد : ولا يجوز أن تحمل الآية على جواز المتعة ؛ لأن رسول الله صلى
الله عليه وسلم نهى عن نكاح المتعة وحرمه ؛ ولأن الله تعالى قال : فانكحوهن بإذن أهلهن ومعلوم أن النكاح بإذن الأهلين هو النكاح الشرعي بولي وشاهدين ، ونكاح المتعة ليس كذلك . وقال الجمهور : المراد نكاح المتعة الذي كان في صدر الإسلام . وقرأ ابن عباس وأبي وابن جبير " فما استمتعتم به منهن إلى أجل مسمى فآتوهن أجورهن " ثم نهى عنها النبي صلى الله عليه وسلم . وقال سعيد بن المسيب : نسختها آية الميراث ؛ إذ كانت المتعة لا ميراث فيها . وقالت عائشة والقاسم بن محمد : تحريمها ونسخها في القرآن 3.
tafsir Al-Baghowy
( فآتوهن أجورهن ) أي : مهورهن ، وقال آخرون : هو نكاح المتعة وهو أن ينكح امرأة إلى مدة فإذا انقضت تلك المدة بانت منه بلا طلاق ، وتستبرئ رحمها وليس بينهما ميراث ، وكان ذلك مباحا في ابتداء الإسلام ، ثم نهى عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم .
Dokumen Forsil : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR
Link Diskusi : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR
Belum ada Komentar untuk "0158 : HUKUM NIKAH MUT"AH / NIKAH MISYAR"
Posting Komentar