0133 : HUKUM BERDO'A MENGHARAPKAN KEMATIAN
Rabu, 22 Mei 2013
Tulis Komentar
Ulul Ramadhani
bolehkah
kt berdoa, meminta u/ cepat kembali kepadanya, bukan karna tidak
bersyukur, a/ kurang bersabar, a/ pun sombong tp karna kt merasakan
titik jenuh dan hanya ingin kembali kepadanya?
#mohon pencerahannya
JAWABAN :
Abdur Rahman Assyafi'i
hukumnya makruh kecuali dgn beberapa alasan misalnya berharap mati syahid, berharap mati ditanah suci, rindu bertemu dgn Allah, dll
و ) يكره (تمنى الموت) لضر فى بدنه او ماله للنهى الصحيح عنه (بلا خوف فتنة فى الدين) و الا فيسن و كذا تمنيه لنحو شهادة او محبة لقاء الله او ببلد شريف كمكة او جار صالح
بشرى الكريم ٢/٢٧
مكتبة دار الاحياء
hukumnya makruh kecuali dgn beberapa alasan misalnya berharap mati syahid, berharap mati ditanah suci, rindu bertemu dgn Allah, dll
و ) يكره (تمنى الموت) لضر فى بدنه او ماله للنهى الصحيح عنه (بلا خوف فتنة فى الدين) و الا فيسن و كذا تمنيه لنحو شهادة او محبة لقاء الله او ببلد شريف كمكة او جار صالح
بشرى الكريم ٢/٢٧
مكتبة دار الاحياء
Arya Anis Dwipangga
menghrp kematian krn ada masalah didirinya/dunianya itu makruh.
bl masalah yg terjadi krn kehawatiran akan agamanya spt akan slalu berbuat maksiat dan akan kluar dr syariat maka sunah.
krn sifat nafsu itu benci akan kematian maka menghrp suatu kematian tnp ada masalah (didunia) itu bukti cinta ahirat bahkan ada hadis "siapa yg suka bertemu Allah mk Allah jg suka bertemu dgn nya" ini menunjukkan kesunahan menghrp kematian krn igin bertmu dgn ALLAH krn cinta pdNYA.
namun apa btul kamu cinta pdNYA???Hasanul Zain
Tak sutil sa'ndulit
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺗﻤﻨﻲ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻟﻀﺮ ﻧﺰﻝ ﺑﻪ ( ﻓﻲ ﺑﺪﻧﻪ ﺃﻭ ﺿﻴﻖ ﻓﻲ ﺩﻧﻴﺎﻩ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻫﻤﺎ ﻟﺨﺒﺮ ﻻ ﻳﺘﻤﻨﻴﻦ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻟﻀﺮ ﺃﺻﺎﺑﻪ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻻ ﺑﺪ ﻓﺎﻋﻼ ﻓﻠﻴﻘﻞ : (ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﺣﻴﻨﻲ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺧﻴﺮﺍ ﻟﻲ ، ﻭﺗﻮﻓﻨﻲ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻮﻓﺎﺓ ﺧﻴﺮﺍ ﻟﻲ) ﻻ ﻟﻔﺘﻨﺔ ﺩﻳﻦ ﻓﻼ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻓﻴﻪ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﺑﻞ
ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺫﺭﻋﻲ : ﺇﻥ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺃﻓﺘﻰ ﺑﺎﺳﺘﺤﺒﺎﺑﻪ ﻟﻪ ﻓﻲ ﻓﺘﺎﻭﻳﻪ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭﺓ ، ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ، ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺣﻤﻞ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻫﻨﺎ ﻭﻓﻲ ﺍﻷﺫﻛﺎﺭ ﻭﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻋﻠﻴﻪ ، ﺃﻣﺎ ﺗﻤﻨﻴﻪ ﻟﻐﺮﺽ ﺃﺧﺮﻭﻱ ﻓﻤﺤﺒﻮﺏ ﻛﺘﻤﻨﻲ ﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ الله
نهاية المحتاج
Kesimpulannya : apabila mengharap kematian hanya karena ada masalah didunianya atau putus asa maka hukumnya makruh, namun bila masalah yang terjadi karena kekhawatiran akan agamanya seperti akan selalu berbuat maksiat dan akan keluar dari syariat atau ingin mati didalam Jiha Fisabilillah maka hukumnya sunah seperti berdo'a
اللهم احيني ماكانت الحياة خيرا لي * وتوفني ماكانت الوفاة خيرا لي
Ya Alloh hidupkanlah aku jika sekiranya hidupku ini lebih baik * dan Cabutlah nyawaku bila kematianku itu lebih baik.
menghrp kematian krn ada masalah didirinya/dunianya itu makruh.
bl masalah yg terjadi krn kehawatiran akan agamanya spt akan slalu berbuat maksiat dan akan kluar dr syariat maka sunah.
krn sifat nafsu itu benci akan kematian maka menghrp suatu kematian tnp ada masalah (didunia) itu bukti cinta ahirat bahkan ada hadis "siapa yg suka bertemu Allah mk Allah jg suka bertemu dgn nya" ini menunjukkan kesunahan menghrp kematian krn igin bertmu dgn ALLAH krn cinta pdNYA.
namun apa btul kamu cinta pdNYA???Hasanul Zain
Tak sutil sa'ndulit
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺗﻤﻨﻲ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻟﻀﺮ ﻧﺰﻝ ﺑﻪ ( ﻓﻲ ﺑﺪﻧﻪ ﺃﻭ ﺿﻴﻖ ﻓﻲ ﺩﻧﻴﺎﻩ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻫﻤﺎ ﻟﺨﺒﺮ ﻻ ﻳﺘﻤﻨﻴﻦ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻟﻀﺮ ﺃﺻﺎﺑﻪ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻻ ﺑﺪ ﻓﺎﻋﻼ ﻓﻠﻴﻘﻞ : (ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﺣﻴﻨﻲ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺧﻴﺮﺍ ﻟﻲ ، ﻭﺗﻮﻓﻨﻲ ﻣﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻮﻓﺎﺓ ﺧﻴﺮﺍ ﻟﻲ) ﻻ ﻟﻔﺘﻨﺔ ﺩﻳﻦ ﻓﻼ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻓﻴﻪ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﺑﻞ
ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺫﺭﻋﻲ : ﺇﻥ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺃﻓﺘﻰ ﺑﺎﺳﺘﺤﺒﺎﺑﻪ ﻟﻪ ﻓﻲ ﻓﺘﺎﻭﻳﻪ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭﺓ ، ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ، ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺣﻤﻞ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻫﻨﺎ ﻭﻓﻲ ﺍﻷﺫﻛﺎﺭ ﻭﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻋﻠﻴﻪ ، ﺃﻣﺎ ﺗﻤﻨﻴﻪ ﻟﻐﺮﺽ ﺃﺧﺮﻭﻱ ﻓﻤﺤﺒﻮﺏ ﻛﺘﻤﻨﻲ ﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ الله
نهاية المحتاج
Kesimpulannya : apabila mengharap kematian hanya karena ada masalah didunianya atau putus asa maka hukumnya makruh, namun bila masalah yang terjadi karena kekhawatiran akan agamanya seperti akan selalu berbuat maksiat dan akan keluar dari syariat atau ingin mati didalam Jiha Fisabilillah maka hukumnya sunah seperti berdo'a
اللهم احيني ماكانت الحياة خيرا لي * وتوفني ماكانت الوفاة خيرا لي
Ya Alloh hidupkanlah aku jika sekiranya hidupku ini lebih baik * dan Cabutlah nyawaku bila kematianku itu lebih baik.
Cikong Mesigit
Mencoba maknani sutilan sakdulit.
Makruh mngharap kmatian disbabkan adanya kemadlorotan pd dirinya/ksulitan pd prkara dunianya/slain dr kduanya.krn ada prnyataan hadits:Tdk boleh salah seorg dr kalian mngharap kmatian krn suatu bhya/madlorot yg menimpanya.namun apabila keadaan tsb mau tdk mau mesti dilakukan jg mk ucapkanlah/berdoalah "Yaa Allah... Hidupkanlh aku apabila kehidupan adlh lbh baik bgiku.&wafatkanlh aku andaikata kematian adlh lbh baik bgiku" .
Manun ada catatan dr imam adzro'i,jg sbgian ulama yg mnuqil dr imam syafi'iy&dianggap sbg qoul mu'tamad jg disbutkan dlm ktb adzkar&al majmu' yaitu apabila pngharapan kematian tsb krn brtujuan demi akhirat mk disunahkan spt mnghrp kematian mnjdi syahid fi sabilillah.
Kliting jmpolku wes..
Mhn coleksi..
Link Diskusi : www.facebook.com/groups/221287434676321?view=permalink&id=251325935005804&p=30&refid=18Mencoba maknani sutilan sakdulit.
Makruh mngharap kmatian disbabkan adanya kemadlorotan pd dirinya/ksulitan pd prkara dunianya/slain dr kduanya.krn ada prnyataan hadits:Tdk boleh salah seorg dr kalian mngharap kmatian krn suatu bhya/madlorot yg menimpanya.namun apabila keadaan tsb mau tdk mau mesti dilakukan jg mk ucapkanlah/berdoalah "Yaa Allah... Hidupkanlh aku apabila kehidupan adlh lbh baik bgiku.&wafatkanlh aku andaikata kematian adlh lbh baik bgiku" .
Manun ada catatan dr imam adzro'i,jg sbgian ulama yg mnuqil dr imam syafi'iy&dianggap sbg qoul mu'tamad jg disbutkan dlm ktb adzkar&al majmu' yaitu apabila pngharapan kematian tsb krn brtujuan demi akhirat mk disunahkan spt mnghrp kematian mnjdi syahid fi sabilillah.
Kliting jmpolku wes..
Mhn coleksi..
Belum ada Komentar untuk "0133 : HUKUM BERDO'A MENGHARAPKAN KEMATIAN"
Posting Komentar