0118. WAJIB MANDI BAGI YANG MELAHIRKAN CAESAR

Ahmad Ghifari

Assalamu'alaikum..

Tanya,
Bagaimana status nya orang yang melahirkan caesar, apakah msih dkenakan wajib mandi baik wiladah atau nifas jika memang tdak mengeluarkan darah dari kmaluan nya baik stelahnya mlahirkan ..

Sbelum nya trimakasih ..

JAWABAN

Hasanul Zain

Wa'alaikum salam wr wb...!

Dalam hal Ini terjadi Khilaf ada yang Berpendapat Wajib mandi Wiladah dan dihukumi Nifas meskipun Lahir bukan dari Jalan biasanya.

'Ibaroh nunggu yang Pegang Kitab.

Cecep Furqon

Wa'alaikum salam wr wb...!

الولادة : ولو علقة ( العلقة هي ما تصير إليه البيضة الملقحة بعد مرور أربعين يوما على الإلقاح ) أو مضغة ( هي ما تصير إليه العلقة بعد أربعين يوما من تشكلها أي بعد الإلقاح بثمانين يوما ) أو قيصرية

Fiqhul Ibadat-Asyafii

Berdasarkan mafhum tabir diatas wanita yang lahir caesar tetap wajib mandi..

؛ لأن الولادة المقتضية للغسل هي الولادة المعتادة بدليل أنه لو خرج نحو دود من الجوف لم يجب الغسل بسببه ، مع أنه حيوان تولد من الجوف وخرج منه ، فليتأمل .

Tuhfatul habiib

Ta’bir dalam kitab tuhfatul habib memberikan pengertian bahwa yang dianggap melahirkan yang mewajibkan mandi adalah lahir secara dengan iMu’tad atau biasa, kalau diluar itu maka tidak diwajibkan mandi.dengan demikian caesar tidak mewajibkan mandi

( قوله : ونحو ولادة ) ظاهره ولو من غير محلها المعتاد لأنه أطلق فيه وفصل فيما بعده ع ن

Hasyiah bujairimiy

Dalam tabir kitab ini bahwa caesar tetap wajib mandi.

Demikian juga dalam kitab Hasyiah jamal

( قوله ونحو ولادة ) ظاهره ، ولو من غير محلها المعتاد ؛ لأنه أطلق فيه وفصل فيما بعده ا هـ عناني

Karena saya menemukan hal yang paling banyak adalah yang mewajibkan maka untuk saya berpegang pada yang mewajibkan. Dan keputusan ada di pihak para sepuh setelah di tarjiih

Aslim Tas'ad Sie Pengajian

WAJIB MANDI berdasarkan natijah dari imam romli,

sebagian ulama berkata : tidak wajib, mengingat jalan keluar yg asli masih terbuka.
Tetapi qoul ini ditolak.

Hasyiyah Al Baijuri Ala Syarhi Ibnul Qosim,
Juz : 1 Hal : 74
ﻭﻟﻮ ﻭﻟﺪﺕ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻄﺮﻳﻖ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ ﻓﺎﻟﺬﻱ ﻳﻈﻬﺮ
ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺃﺧﺬﺍ ﻣﻤﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﻓﻴﻤﺎ ﻟﻮ ﻗﺎﻝ؛
ﺇﻥ ﻭﻟﺪﺕ ﻓﺄﻧﺖ ﻃﺎﻟﻖ، ﻓﻮﻟﺪﺕ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﺮﻳﻘﻪ
ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ، ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ : ﻗﺪ ﻳﺘﺠﻪ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻮﺟﻮﺏ، ﻷﻥ
ﻋﻠﺘﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻣﻨﻲ ﻣﻨﻌﻘﺪ، ﻭﻻﻋﺒﺮﺓ ﺑﺨﺮﻭﺟﻪ ﻣﻦ
ﻏﻴﺮ ﻃﺮﻳﻘﻪ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ ﻣﻊ ﺇﻧﻔﺘﺎﺡ ﺍﻻﺻﻠﻲ، ﻭﺭﺩ، ﺑﺄﻥ
ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﻧﻔﺴﻬﺎ ﺻﺎﺭﺕ ﻣﻮﺟﺒﺔ ﻟﻠﻐﺴﻞ، ﻓﻬﻲ ﻏﻴﺮ
ﺧﺮﻭﺝ ﺍﻟﻤﻨﻲ

http://www.facebook.com/groups/221287434676321?view=permalink&id=248306858641045&_rdr#248335321971532

Belum ada Komentar untuk "0118. WAJIB MANDI BAGI YANG MELAHIRKAN CAESAR "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel