0051 : HUKUM MENIKAH DALAM MASA 'IDDAH

0051 : HUKUM MENIKAH DALAM MASA 'IDDAH

Oleh Hasanul Zain di FORSIL ASWAJA NUSANTARA
Sang Baz Assalamualaykum..

(kisah nyata)

parto & parti adlh sepasang kekasih (bukan suami istri)..,
tp apa mau di kata,
hbungan parto&parti pun kandas...
===============

Lalu hadirlh pardi, ( sudah pnya istri+anak) mengajukn diri untk menikahi parti.,

pardi &parti lalu menikah secara " nikah sirri"
(nikahx tnp sepengetahuan istrix pardi)..

kurang lbh satu setengah bulan dari 'prnikahan sirri-nya' ,
surti merasa ada kelainan pd perutnya
(di periksakn, trxta hamil 1 bulan)..,

tp surti brkeyakinan, kalau anak yg di kandungnya itu adlh,
bukan hasil dari hbungannya dg pardi (suami nikah sirinya)
tp hasil hbngannya dg si parto (pacar parti)..,

krn ada rasa takut, parti gk bilang sama pardi lw dirinya hamil....
=================
(lanjut cerita)

Akhirnya tali prnikahan pardi & parti trputus jua...
( talak tiga)

(yg juga akhirnya istri pardi tahu lw suaminya nikah siri dg parti)
=================

Parto tahu lw surti cerai dg pardi..,
Lalu keduanya melanjutkn jalinan yg prnh putus..,
dan sepakat untk menikah...
( surti bilang kpd parto lw kehamilannya, hasil hbungannya semasih pacaran dg parto)
==================

yg mjdi kendala :

- bolehkah parto & parti melaksanakn pernikahan ( walaupn nikah sirri)

- adakah masa iddah bagi parti
=================

NB : (Percerain pardi dan parti masih dapat satu minggu )

terima kasih dg jawabannya...

Wassalamualaykum
warahmatulloh..


Hasanul Zain 
Wa'alaikum salam wr wb...!
Ups Maaf jawaban saya diatas saya Ralat.Hukum menikah dalam Masa 'Iddah itu Haram serta tidak Sah

ومن عدة من غيره فلا يصح نكاح المعتدة من غيره لتعلق حق الغير بهما بخلاف المعتدة من الناكح لأن الماء له سواء كانت العدة عن وفاة مطلقا أو عن طلاق بعد الدخول أو عن وطء شبهة كأن ظنها أمته.


نهاية الزين ص ٣٠٢  

 إذا كان عقد النكاح قد وقع بعد انقضاء العدة ، فالنكاح صحيح
وإن كان وقع قبل انقضائها فالنكاح باطل ، ووجب أن يفرق بينكما ، ثم تكملي عدة الأول ،
جاء في الموسوعة الفقهية" (29/ 346) : اتفق الفقهاء على أنه لا يجوز للأجنبي نكاح المعتدة أيا كانت عدتها من طلاق أو موت أو فسخ أو شبهة ، وسواء أكان الطلاق رجعيا أم بائنا بينونة صغرى أو كبرى . وذلك لحفظ الأنساب وصونها من الاختلاط ومراعاة لحق الزوج الأول ، فإن عقد النكاح على المعتدة في عدتها ، فُرّق بينها وبين من عقد عليها ، واستدلوا بقوله تعالى : ( ولا تعزموا عقدة النكاح حتى يبلغ الكتاب أجله ) والمراد تمام العدة ، والمعنى : لا تعزموا على عقدة النكاح في زمان العدة ، أو لا تعقدوا عقدة النكاح حتى ينقضي ما كتب الله عليها من العدة ... وفي الموطأ : أن طليحة الأسدية كانت زوجة رشيد الثقفي وطلقها ، فنكحت في عدتها ، فضربها عمر بن الخطاب وضرب زوجها بخفقةٍ ضربات ، وفرق بينهما ، ثم قال عمر : أيما امرأة نكحت في عدتها فإن كان الذي تزوجها لم يدخل بها فرق بينهما ، ثم اعتدت بقية عدتها من زوجها الأول ، ثم إن شاء كان خاطبا من الخطاب . وإن كان دخل بها فُرق بينهما ، ثم اعتدت بقية عدتها من الأول ، ثم اعتدت من الآخر ، ثم لا ينكحها أبدا " انتهى  Hasanul Zain Yang ini malah lebih Jelas
ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻭﻗﻊ ﻗﺒﻞ ﺍﻧﻘﻀﺎﺋﻬﺎ ﻓﺎﻟﻨﻜﺎﺡ ﺑﺎﻃﻞ ، ﻭﻭﺟﺐ ﺃﻥ ﻳﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻜﻤﺎ

Sip Mantabs Neng Syifa


2 - Jelas Berlaku masa 'Iddah bagi Parti sebab pernikahannya dengan si Pardi adalah Nikah yang SAH dengan demikian Masa 'iddah bagi Patri ialah sampai Melahirkan.

Link Diskusi : http://www.facebook.com/groups/221287434676321?view=permalink&id=231985593606505&_rdr#232174606920937

Belum ada Komentar untuk "0051 : HUKUM MENIKAH DALAM MASA 'IDDAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel