0046.air waqof

Ab Ab Ab


assalaamualaikum....
tolong penjelasanx, dlm fathul muin masalah membasuh 3 kali dlm bab wudhu, kalo sampe lebih dr 3 kali basuhan itu haram kalo menggunakan air waqof.
pertanyaan;
contoh air waqof di situ seperti apa?
di musholla dan masjid bisakah di katakan air waqof?
dalam bab waqof itu di jelaskan bahwa syarat waqof barangnya harus tetap, kalo seperti air gimana?
sebelumnya qmi ucapkan trima kasih,
wassalaam


jawaban


Maz Mujib

Klo menurut ibnu solah air boleh diwaqof kan sya mengambil dri i'anah bab waqof nmr 159. Klo gak salah gni lafadnya"wa ja'mu ibnis solah sihhata waqfil ma i ihtiyarun lahu" penyangkanya ibnu solah tentang sah mewaqofkan air itu
Jd klo qta ikut pd ibnu solah air di masjid2 itu menjadi waqof yg dlm penggunaannya harus mengikuti syarat waqif semisal lil tatohhur maka penggunaanya meliputi bab sesuci tp ini misalx airx di ambil dri sumur yg ada ditanah waqof masjid , untuk air dr pdam sya lbh cendrungxa itu adalah air musabbal lil masjid bkn air waqof krn antara air musabbal dan air waqof beda tipishanya ihtiyarnya ibnu solah "

Ab Ab Ab

kalo masalah kendi di pinggir jalan itu kan mutlak haram untuk selain minum "musabbal lisysyurbi".
ini ibarotx lain "almauquf litthohaaroh" .

Rampak naung

makruh tanzih membasuh lebih dari 3 x.
Air mauquf atau bukan
Menurut mawardi
Tidak sunnah dan tidak makruh.
Majmu' ala syarhul muhadzab.
yang haram menggunakan air musabbal lisyurbi.

Mujawwib Forsil

Air yang di waqofkan dimaksudkan untuk orang2 bersuci dan berwudhu seperti sekolahan atau masjid. Maka jika menambahnya lbih dari 3x basuhan adalah haram. Tapi jika itu kepunyaan sendiri atau tempat yang dalam statusnya punya pemerintah maka makruh menambah basuhan lbih dari 3x dengan maksud niat wudhu, kalau hanya dgn niat mendinginkan anggota yang sudah dibasuh saja atau sudah dilauar niat wudhunya dalam menambah basuhan itu maka tidak makruh

ينبغي أن يكون موضع الخلاف ما إذا توضأ بماء مباح أو مملوك له فإن توضأ بماء موقوف على من يتطهر به أو يتوضأ منه كالمدارس والربط حرمت الزيادة بلا خلاف لأنها غير مأذون فيها انتهى

AL-IQNA' 1/43

Imam Tontowi
Majmu' An-Nawawi

ﻓﺮﻉ ( ﺇﺫﺍ ﺯﺍﺩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺜﻼﺙ ﻓﻘﺪ ﺍﺭﺗﻜﺐ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻭﻻ ﻳﺒﻄﻞ
ﻭﺿﻮﺀﻩ ، ﻫﺬﺍ ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﻭﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻛﺎﻓﺔ ﻭﺣﻜﻰ ﺍﻟﺪﺍﺭﻣﻲ
ﻓﻲ ﺍﻻﺳﺘﺬﻛﺎﺭ ﻋﻦ ﻗﻮﻡ ﺃﻧﻪ ﻳﺒﻄﻞ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﺯﺍﺩ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﻫﺬﺍ
ﺧﻄﺄ ﻇﺎﻫﺮ


link:
http://www.facebook.com/groups/221287434676321?view=permalink&id=236784746459923&_mn_=1&refid=48

Belum ada Komentar untuk "0046.air waqof"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel