0394 : Rokaat Terakhir Masuk Waktu Sholat Selanjutnya
Senin, 01 September 2014
Tulis Komentar
Tanya :
Dokumen : https://www.facebook.com/notes/forsil-aswaja-nusantara/0359-mengerjakan-sholatrokaat-terakhir-sdah-memasuki-waktu-sholat-yg-berikutnya/356974357774294
Diskusi : https://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/326776587460738/
Muhaimin Ahmad
assalamu alaikum..
mau nanya...
Orang yg ada di akhir wktu sholat (seadainya dia sholat kira2 tahiyat sblum slam dah msuk wktu brikutnya) sebaiknya bagaimana, mlanjutkn sholat di akhir wktu itu ato Qodho' aja d wktu brikutnya?
trm ksih..
Jawaban :
Pusara Ditengah Laut
tabir nya nihyah muntaj -378 ___ ﻭﻣﻦ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺾ ﺻﻼﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ( ﻭﺑﻌﻀﻬﺎ ﺧﺎﺭﺟﻪ ) ﻓﺎﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ ( ﻓﻲ ﻭﻗﺘﻬﺎ) ﺭﻛﻌﺔ( ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻛﻤﺎ ﻋﻠﻢ ﺑﺎﻷﻭﻟﻰ ) ﻓﺎﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ( ﻟﺨﺒﺮ } ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻟﺼﻼﺓ { ﺃﻱ ﻣﺆﺩﺍﺓ ) ﻭﺇﻻ ( ﺑﺄﻥ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﺩﻭﻥ ﺭﻛﻌﺔ) ﻓﻘﻀﺎﺀ( ﻛﻠﻬﺎ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﻭﻻﺷﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻏﺎﻟﺐ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺗﻜﺮﻳﺮ ﻟﻤﺎ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻓﻜﺎﻥ ﺗﺎﺑﻌﺎ ﻟﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺮﻛﻌﺔ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺑﺴﺠﺪﺗﻴﻪﺍ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ﻣﻄﻠﻘﺎ ، ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﺩﺍﺀ ﻭﻣﺎ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺪﻩ ﻗﻀﺎﺀ
-- sperti nya musholiy mndapati 4 rokaat krn tahiyat akhir maka masuk adaan tetapi bila kurang dr satu rokaat jatuhnya qodho.--
mau nanya...
Orang yg ada di akhir wktu sholat (seadainya dia sholat kira2 tahiyat sblum slam dah msuk wktu brikutnya) sebaiknya bagaimana, mlanjutkn sholat di akhir wktu itu ato Qodho' aja d wktu brikutnya?
trm ksih..
Jawaban :
Pusara Ditengah Laut
tabir nya nihyah muntaj -378 ___ ﻭﻣﻦ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺾ ﺻﻼﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ( ﻭﺑﻌﻀﻬﺎ ﺧﺎﺭﺟﻪ ) ﻓﺎﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ ( ﻓﻲ ﻭﻗﺘﻬﺎ) ﺭﻛﻌﺔ( ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻛﻤﺎ ﻋﻠﻢ ﺑﺎﻷﻭﻟﻰ ) ﻓﺎﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ( ﻟﺨﺒﺮ } ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻟﺼﻼﺓ { ﺃﻱ ﻣﺆﺩﺍﺓ ) ﻭﺇﻻ ( ﺑﺄﻥ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﺩﻭﻥ ﺭﻛﻌﺔ) ﻓﻘﻀﺎﺀ( ﻛﻠﻬﺎ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﻭﻻﺷﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻏﺎﻟﺐ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺗﻜﺮﻳﺮ ﻟﻤﺎ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻓﻜﺎﻥ ﺗﺎﺑﻌﺎ ﻟﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺮﻛﻌﺔ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺑﺴﺠﺪﺗﻴﻪﺍ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ﻣﻄﻠﻘﺎ ، ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﺩﺍﺀ ﻭﻣﺎ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺪﻩ ﻗﻀﺎﺀ
-- sperti nya musholiy mndapati 4 rokaat krn tahiyat akhir maka masuk adaan tetapi bila kurang dr satu rokaat jatuhnya qodho.--
Abed Kuple
intinya tetap lanjutkan shalatnya, dengan niat ada'an
Pusara Ditengah Laut
ﻭﻣﻦ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺾ ﺻﻼﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ) ﻭﺑﻌﻀﻬﺎ ﺧﺎﺭﺟﻪ ( ﻓﺎﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ ) ﻓﻲ ﻭﻗﺘﻬﺎ ( ﺭﻛﻌﺔ ) ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻛﻤﺎ ﻋﻠﻢ ﺑﺎﻷﻭﻟﻰ ( ﻓﺎﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ) ﻟﺨﺒﺮ { ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻟﺼﻼﺓ } ﺃﻱ ﻣﺆﺩﺍﺓ ( ﻭﺇﻻ ) ﺑﺄﻥ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﺩﻭﻥ ﺭﻛﻌﺔ ( ﻓﻘﻀﺎﺀ ) ﻛﻠﻬﺎ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﻭﻻﺷﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻏﺎﻟﺐ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺗﻜﺮﻳﺮ ﻟﻤﺎ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻓﻜﺎﻥ ﺗﺎﺑﻌﺎ ﻟﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺮﻛﻌﺔ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺑﺴﺠﺪﺗﻴﻪﺍ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ﻣﻄﻠﻘﺎ ، ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﺩﺍﺀ ﻭﻣﺎ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺪﻩ ﻗﻀﺎﺀ __________________ dan dari pelaksanaan sholat pada sebagian ( masih masuk ) waqtunya dan pada sebagian keluar dr waqt sholat maka yg ashoh masih mendapati rokaat , manakala ia tunaiken satu rokaat atau lebih sebagaimana dihitung sholatnya msh dm waqtu yg di tentuken ( dihitung waktu utama ) Maka masih di hitung pelaksanaannya Ada'an, sebagaimana khobar dari paduka Nabi Saw " barang siapa yg mendapatken satu rokaat dlm sholat nya maka ia telah mendapatken sholatnya " yakni secara ada'an. Maka andaikata ia tdk mendapatkannya maka ia tunaiken Qodho'an karena ia tdk mendapatken satu rokaat. _________ Dan menurut pendapat yg rajih bahwa kalu ia tunaiken masih diwaqtu ( meski akhir waqtu ) ia tetap tunaiken ada'an akan tetapi bila sesudah diluar waqtu ia jatuh qodho'aan. _________ Setelah ta baca lagi sail di atas musholly jatuhnya tetap Ada'an krn meski ia kerjaken diakhir waqtu ia msh dpt tahyiat artinya blm keluar dr waqtu, dan bila sdh keluar waqt mka qodho'an..Sepakat dgn ust.abed. Demikian refisi saya.. Monggo mba admin bila mau direfisi
intinya tetap lanjutkan shalatnya, dengan niat ada'an
Pusara Ditengah Laut
ﻭﻣﻦ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺾ ﺻﻼﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ) ﻭﺑﻌﻀﻬﺎ ﺧﺎﺭﺟﻪ ( ﻓﺎﻷﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ ) ﻓﻲ ﻭﻗﺘﻬﺎ ( ﺭﻛﻌﺔ ) ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻛﻤﺎ ﻋﻠﻢ ﺑﺎﻷﻭﻟﻰ ( ﻓﺎﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ) ﻟﺨﺒﺮ { ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻟﺼﻼﺓ } ﺃﻱ ﻣﺆﺩﺍﺓ ( ﻭﺇﻻ ) ﺑﺄﻥ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﺩﻭﻥ ﺭﻛﻌﺔ ( ﻓﻘﻀﺎﺀ ) ﻛﻠﻬﺎ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﻤﺎﺭ ﻭﻻﺷﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻏﺎﻟﺐ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺗﻜﺮﻳﺮ ﻟﻤﺎ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻓﻜﺎﻥ ﺗﺎﺑﻌﺎ ﻟﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺮﻛﻌﺔ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺑﺴﺠﺪﺗﻴﻪﺍ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺃﺩﺍﺀ ﻣﻄﻠﻘﺎ ، ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﺩﺍﺀ ﻭﻣﺎ ﻭﻗﻊ ﺑﻌﺪﻩ ﻗﻀﺎﺀ __________________ dan dari pelaksanaan sholat pada sebagian ( masih masuk ) waqtunya dan pada sebagian keluar dr waqt sholat maka yg ashoh masih mendapati rokaat , manakala ia tunaiken satu rokaat atau lebih sebagaimana dihitung sholatnya msh dm waqtu yg di tentuken ( dihitung waktu utama ) Maka masih di hitung pelaksanaannya Ada'an, sebagaimana khobar dari paduka Nabi Saw " barang siapa yg mendapatken satu rokaat dlm sholat nya maka ia telah mendapatken sholatnya " yakni secara ada'an. Maka andaikata ia tdk mendapatkannya maka ia tunaiken Qodho'an karena ia tdk mendapatken satu rokaat. _________ Dan menurut pendapat yg rajih bahwa kalu ia tunaiken masih diwaqtu ( meski akhir waqtu ) ia tetap tunaiken ada'an akan tetapi bila sesudah diluar waqtu ia jatuh qodho'aan. _________ Setelah ta baca lagi sail di atas musholly jatuhnya tetap Ada'an krn meski ia kerjaken diakhir waqtu ia msh dpt tahyiat artinya blm keluar dr waqtu, dan bila sdh keluar waqt mka qodho'an..Sepakat dgn ust.abed. Demikian refisi saya.. Monggo mba admin bila mau direfisi
Dokumen : https://www.facebook.com/notes/forsil-aswaja-nusantara/0359-mengerjakan-sholatrokaat-terakhir-sdah-memasuki-waktu-sholat-yg-berikutnya/356974357774294
Diskusi : https://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/326776587460738/
Belum ada Komentar untuk "0394 : Rokaat Terakhir Masuk Waktu Sholat Selanjutnya"
Posting Komentar