0327 : Qurban dan Aqiqah

PERTANYAAN:

Aris Takamaluddin Al-Sundany

Assalamualaikum

Mohon pencerahan dr para ustad/asatidz disini.

Menjelang hari raya ied adha ini banyak dr teman2 saya yg merasa sdh mampu utk membeli hewan qurban, (kambing) misalnya..Tetapi disatu sisi org ini belum diaqiqahkan oleh org tuanya waktu kecil dgn alasan tak mampu beli hewan utk aqiqah..Nah pertanyaan saya,
1. mana yg hrs didahulukan antara berqurban utk dirinya atau aqiqah utk dirinya..??
2. gmn hukum dr aqiqah bila uang yg dibeli hewan aqiqah itu uang pribadi dr anak ini??
3. Apa kah tugas org tua gugur seandainya pertanyaan no 2 boleh2 saja dilakukan??

Mohon maaf agak banyak pertanyaan..

Salam takdzim pada para mujawib..



JAWABAN:

Zainul Abidin As-Syuja'i 
1. mana yg hrs didahulukan antara berqurban utk dirinya atau aqiqah utk dirinya..??
----
Berqurban.

'Illatnya karena Qurban lebih kuat dalam segi hukum sunnahnya ya'ni Sunnah Mu,akkadah sedangkan 'Aqiqoh hukum Mustahab.

'Ibaroh :

والأضحية سنة مؤكدة.

والعقيقة عن المولود مستحبة.

فتح القريب ص ٦٢-٦٣

2. gmn hukum dr aqiqah bila uang yg dibeli hewan aqiqah itu uang pribadi dr anak ini??
----
Tafshil bila sewaktu dari lahir hingga sampai habis masa Maksimal Nifas ya'ni berumur 60hr sang ibu tidak juga mampu untuk meng 'Aqiqahi sang anak maka ketika besar sang anak tidak disunnahkan untuk meng 'Aqiqahi dirinya sendiri.

'Ibaroh :

فان تجاوز فيختار أن لايتجاوز بها سبع سنين فان تجاوزها فيختار أن لايتجاوز بها البلوغ، فان تجاوزه سقطت عن غيره وهو المخير في العق عن نفسه في الكبير.

كفاية الأخيار ج ٢ ص ٢٤٣

3. Apa kah tugas org tua gugur seandainya pertanyaan no 2 boleh2 saja dilakukan??
----
Batasan gugurnya Kesunnahan Ortu untuk meng 'Aqiqahi anaknya sampai anak Balligh.

'Ibaroh :

ولاتفوت بالتأخير بعده فإن تأخرت للبلغ سقط حكمها في حق العاد عن المولود، واما هو فمخير في العق عن نفسه والترك.

فتح القريب ص ٦٣


Mentari Dalam Hujan  
1.Qurban dulu

ﺫﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ، ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭ

ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ
ﻭﻋﻨﺪ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﺗﺒﺎﺡ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻓﻲ ﺳﺎﺑﻊ ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﺑﻌﺪ
ﺍﻟﺘﺴﻤﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻠﻖ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ، ﻭﻗﻴﻞ : ﻳﻌﻖ ﺗﻄﻮﻋﺎ ﺑﻨﻴﺔ
ﺍﻟﺸﻜﺮ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
ﻭﺫﻫﺐ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻨﺪﻭﺑﺔ. ﻭﺍﻟﻤﻨﺪﻭﺏ ﻋﻨﺪﻫﻢ
ﺃﻗﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻨﻮﻥ
ﻭﺍﺳﺘﺪﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ
ﺑﺄﺣﺎﺩﻳﺚ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﻣﻨﻬﺎ : ﺣﺪﻳﺚ ﺳﻤﺮﺓ ﺑﻦ ﺟﻨﺪﺏ ﺭﺿﻲ
ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ:
ﺍﻟﻐﻼﻡ ﻣﺮﺗﻬﻦ ﺑﻌﻘﻴﻘﺘﻪ، ﻳﺬﺑﺢ ﻋﻨﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻭﻓﻲ
ﺭﻭﺍﻳﺔ: ﻛﻞ ﻏﻼﻡ ﺭﻫﻴﻨﺔ ﺑﻌﻘﻴﻘﺘﻪ ﺗﺬﺑﺢ ﻋﻨﻪ ﻳﻮﻡ
ﺳﺎﺑﻌﻪ، ﻭﻳﺤﻠﻖ ﻭﻳﺴﻤﻰ. ﻭﻣﻌﻨﻰ " ﻣﺮﺗﻬﻦ " " ﻭﺭﻫﻴﻦ
" ﻗﻴﻞ : ﻻ ﻳﻨﻤﻮ ﻧﻤﻮ ﻣﺜﻠﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﻌﻖ ﻋﻨﻪ

ﻓﺼﻞ : ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺪﻡ: ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ:
ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺗﺴﻤﻴﺘﻬﺎ ﻧﺴﻴﻜﺔ ﺃﻭ ﺫﺑﻴﺤﺔ، ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺗﺴﻤﻴﺘﻬﺎ
ﻋﻘﻴﻘﺔ ﻛﻤﺎ ﻳﻜﺮﻩ ﺗﺴﻤﻴﺔ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻋﺘﻤﺔ، ﻭﻫﻲ ﻟﻐﺔ:
ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺱ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺣﻴﻦ ﻭﻻﺩﺗﻪ، ﻭﺷﺮﻋﺎ: ﻣﺎ
ﻳﺬﺑﺢ ﻋﻨﺪ ﺣﻠﻖ ﺷﻌﺮﻩ ﻷﻥ ﻣﺬﺑﺤﻪ ﻳﻌﻖ : ﺃﻱ ﻳﺸﻖ
ﻭﻳﻘﻄﻊ، ﻭﻷﻥ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﻳﺤﻠﻖ ﺇﺫ ﺫﺍﻙ ﻭﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻬﺎ
ﺍﻷﺧﺒﺎﺭ ﻛﺨﺒﺮ »ﺍﻟﻐﻼﻡ ﻣﺮﺗﻬﻦ ﺑﻌﻘﻴﻘﺘﻪ، ﺗﺬﺑﺢ ﻋﻨﻪ ﻳﻮﻡ
ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ، ﻭﻳﺤﻠﻖ ﺭﺃﺳﻪ ﻭﻳﺴﻤﻰ « ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻗﺎﻝ
ﺣﺴﻦ ﺻﺤﻴﺢ، ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻓﻴﻪ ﺇﻇﻬﺎﺭ ﺍﻟﺒﺸﺮ ﻭﺍﻟﻨﻌﻤﺔ
ﻭﻧﺸﺮ ﺍﻟﻨﺴﺐ، ﻭﻫﻲ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ

ﺛﻢ ﺷﺮﻉ ﻳﺘﻜﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻭﺣﻜﻤﻬﺎ ﻓﻘﺎﻝ )ﻭﻧﺪﺏ(
ﻷﺏ ﻣﻦ ﻣﺎﻟﻪ )ﺫﺑﺢ ﻭﺍﺣﺪﺓ( ﻣﻦ ﺑﻬﻴﻤﺔ ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ ) ﺗﺠﺰﺉ
ﺿﺤﻴﺔ ( ﻓﺸﺮﻃﻬﺎ ﻣﻦ ﺳﻦ، ﻭﻋﺪﻡ ﻋﻴﺐ ﺻﺤﺔ، ﻭﻛﻤﺎﻝ
ﻛﺎﻟﻀﺤﻴﺔ ) ﻓﻲ ﺳﺎﺑﻊ ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ( ﻭﺳﻘﻄﺖ ﺑﻤﻀﻲ ﺯﻣﻨﻬﺎ
ﺑﻐﺮﻭﺏ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ) ﻧﻬﺎﺭﺍ( ﻣﻦ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻭﻧﺪﺏ ﺑﻌﺪ
ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ) ﻭﺃﻟﻐﻲ ﻳﻮﻣﻬﺎ( ﺃﻱ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﻓﻼ
ﻳﺤﺴﺐ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺒﻌﺔ )ﺇﻥ ﺳﺒﻖ ﺑﺎﻟﻔﺠﺮ ( ﺑﺄﻥ ﻭﻟﺪﻩ ﺑﻌﺪﻩ
ﻓﺈﻥ ﻭﻟﺪ ﻣﻌﻪ ﺣﺴﺐ

ﻓﺼﻞ : ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺬﺑﻴﺤﺔ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ، ﻷﻥ ﺃﺻﻞ ﺍﻟﻌﻖ
ﺍﻟﻘﻄﻊ، ﻭﻣﻨﻪ ﻋﻖ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ: ﺇﺫﺍ ﻗﻄﻌﻬﻤﺎ. ﻭﺍﻟﺬﺑﺢ : ﻗﻄﻊ
ﺍﻟﺤﻠﻘﻮﻡ ﻭﺍﻟﻤﺮﻱﺀ. ﻭﻫﻲ ﺳﻨﺔ ﻣﺆﻛﺪﺓ ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ:
ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺳﻨﺔ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
- ، ﻗﺪ ﻋﻖ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﻭﺍﻟﺤﺴﻴﻦ، ﻭﻓﻌﻠﻪ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ.
ﻭﻗﺎﻝ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :- »ﺍﻟﻐﻼﻡ ﻣﺮﺗﻬﻦ
ﺑﻌﻘﻴﻘﺘﻪ « ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺟﻴﺪ


Diskusi : 0327 : Qurban dan Aqiqah

Dokumen :  0327 : Qurban dan Aqiqah
Forsil Aswaja Tujuan didirikannya Group Forsil Aswaja Nusantara adalah untuk memelihara, melestarikan, mengembangkan dan mengamalkan ajaran Islam yang berhaluan Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah dengan menganut salah satu dari madzhab yang empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali) serta mempersatukan langkah para 'Ulama beserta pengikut-pengikutnya dan melakukan kegiatan-kegiatan Majelis Ta'lim dan Silaturahmi yang bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan mayarakat, kemajuan bangsa dan ketinggian harkat serta martabat manusia.

Belum ada Komentar untuk "0327 : Qurban dan Aqiqah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel