0235 : DEFINISI HADITS MUDABBAJ

Rey Altsaury

assalamualaikum wr wb
Mohon tambahan ilmunya,
apa itu hadits mudabbaj???

JAWABAN

WAALAIKUMUSSALAM WR, WB.

Mukhammad Su'udi

Definisi MUDABBAJ
a. Dalam etimologi Mudabbaj merupakan isim maf’ul dari kata ­at-Tadbij Yang memiliki banyak arti diantaranya, berhias, memperjelek, dan sama/serupa.[6] Namun yang sesuai dalam arti mudabaj disini adalah arti sama dan berhias/indah, tadbij merupakan pecahan kata dari ديباجتي الوجه (indahnya dua sisi wajah/pipi) dikarenakan adanya kesamaan antara rawi dan yang diberi riwayat yang keduanya berada pada satu thabaqat dan sama dalam mengambil riwayat dari guru, seperti halnya dua pipi wajah.[7]
b. Dan menurut terminologi adalah apabila terdapat dua qarin saling meriwayatkan hadits satu sama lain. Ada dua kemungkinan dalam riwayat mudabaj ini, yaitu pertama bilamana dua orang yang satu qarin saling meriwayatkan hadits yang haditsnya itu berbeda. Kedua, sama-sama meriwayatkan hadits yang haditsnya sama.[8]
Mudabbaj bisa terjadi pada bermacam-macam thabaqat:
Misalnya mudabbaj pada sahabat : riwayat Aisyah R.A dari Abu Hurairah, dan riwayat Abu Hurairah dari Aisyah R.A.
Mudabbaj pada tabi’in : Riwayat az-Zuhri dari Umar bin Abdul Aziz, dan riwayat Umar bin Abdul Aziz dari az-Zuhri
Mudabbaj pada tabi’I at-tabi’in : riwayat Malik dari al-Auza’i, dan riwayat al-Auza’i dari Malik.[9]
Contoh hadits :
- قد يجتمع جماعة من الأقران في حديث كما روى أحمد بن حنبل عن أبي خيثمة زهير بن حرب عن يحي بن معين عن علي بن المديني عن عبيد الله بن معاذ عن أبيه عن سعيد عن أبي بكر بن حفص عب أبي سلمة عن عائشة قالت : كان أزواج النبي صلي الله عليه وسلم يأخذن من شعورهن حتي يكون كالوفرة.

Aisyah R.A berkata “istri-istri Nabi Shallallah-u-’alaihi-wasallam biasanya menuang air ke kepala mereka sehingga seakan-akan banyak(basah sekali).”
Dalam hadits tersebut terdapat bahwa Ahmad, Abu Khaitsamah, Yahya bin Mu’in, Ali bin al-Madini dan Ubaidullah bin al-Muadz kelimanya ada didalam satu aqran. Selain lima rawi tadi, sisanya hingga akhir rawi bukan merupakan aqran.
Ini merupakan contoh dari riwayat aqran dengan keunikannya dimana ulama mengumpulkan lima perawi yang satu aqran dalam satu hadits sekaligus.[10]

- حدثنا عبد الله بن محمد قال : حدثنا أبو عامر العقدي قال : حدثنا سليمان بن بلال عن عبد الله بن دينارعن أبي صالح عن أبي هريرة عن النبي صلي الله عليه وسلم قال : الإيمان بضع وستون شعبة، والحياء من الإيمان.
(رواه البخاري)
Nabi Shallallah-u-‘alaihi-wasallam bersabda “iman memiliki lebih dari enam puluh cabang, dan malu merupakan bagian dari iman”.hehehehehehehehehehehehehe

www.azwin24ram.blogspot.com/2013/05/mudabbaj-dan-riwayat-aqran.html?m=1

Hasanul Zain

Wa'alaikum salam wr wb...!

Urun rembug nyumbang Ibaroh dari kitab Minhatul Mughits

الحديث المدبج : هو ان يروي كل من القرينين عن الآخر كعائشة وابي هريرة من الصحابة والزهري وابن الزبير من التابعين، ومالك والاوزاعي من اتباع التابعين وأحمد بن حنبل وعلي ابن المديني ممن بعدهم، فان كل اثنين من هؤلاء روى كل منهما عن الآخر من غير واسطة، وكمالك واليث فان كلا منهما روى عن الآخر لكن بواسطة يزيدبن الهادي.

منحة المغيث في علم مصطلح الحديث ص ٣٤

Arti bebasnya : Definisi hadits Mudabbaj ialah hadits yang diriwayatkan oleh dua orang yang berkawan/berteman, yang satu meriwayatkan dari yang lain seperti 'Aisyah dan Abi Huroiroh dari kalangan sahabat Zuhri dan Ibnu Zubair dari kalangan Tabi'in, Imam Malik dan Auza' kalngan tabi'it tabi'in, Imam Ahmad bin Hanbali dan Ali bin Madini dari generasi sesudahnya. Maka dari masing" dua orang golongan tersebut meriwayatkan dari temannya tanpa memakai perantara. Dan seperti Imam Malik dan Laits, sebab masing" dari keduanya meriwayatkan dari lainnya dengan perantaraan Yazidz bin Al-Hadi.

Wallohu A'lamu Bis-syowab.

Link Diskusi : DEFINISI HADITS MUDABBAJ
Link Dokumen : DEFINISI HADITS MUDABBAJ

Belum ada Komentar untuk "0235 : DEFINISI HADITS MUDABBAJ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel