0148 : MENINGGALKAN SHOLAT KETIKA MENGADAKAN RESEPSI PERNIKAHAN
Kamis, 25 Juli 2013
Tulis Komentar
Pertanyaan :
Jaka Lela
assalamu'alaikum wr. wb
numpang nayanih :ada sepasang manusia mengadaka resepsi duduk dipelaminan tiba waktu sholat mereka tidak turun dari pelaminan untuk mengerjakan sholat apa hukumnya
solusinya ditunggu ,terimakasih sebelumnya
Jawaban :
Novri Al-Hadzami
Ane lbh berpendapat tdk blh dijamak, krn pendapat yg ma'ruf (terkenal) walaupun ada pendapat yg membolehkan..
فرع المعروف في المذهب أنه لا يجوز الجمع بالمرض ولا الخوف ولا الوحل
وقال جماعة من أصحابنا يجوز بالمرض والوحل
ممن قاله من أصحابنا أبو سليمان الخطابي والقاضي حسين واستحسنه الروياني
فعلى هذا يستحب أن يراعي الأرفق بنفسه فإن كان يحم مثلا في وقت الثانية قدمها إلى الأولى بالشرائط المتقدمة وإن كان يحم في وقت الأولى أخرها إلى الثانية
قلت القول بجواز الجمع بالمرض ظاهر مختار
فقد ثبت في صحيح مسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم جمع بالمدينة من غير خوف ولا مطر
وقد حكى الخطابي عن القفا الكبير الشاشي عن أبي إسحق المروزي جواز الجمع في الحضر للحاجة من غير اشتراط الخوف والمطر والمرض وبه قال ابن المنذر من أصحابنا
والله أعلم
Hasanul Zain
Ini 'Ibarohnya yang membolehkan menjama' sholat karena ada hajat dengan catatan tidak dijadikan kebiasaan.
بل ذهب جماعة من العلماء الى جواز الجمع في الحضر للحاجة لمن لا يتخذه عادة.
كفاية الأخيار ج ١ ص ١٤٥
والله أعلم
AghitsNy Robby
Wa'alaikumussalam warohmatullah..
BOLEH di jama' dgn syarat:
- ada hajat
- ga dibiasain
SUNNAH sholat pada waktunya (ga di jama') krn qoidah "alkhuruj minal khilaf mustahab"
keluar dari khilaf itu sunah.
tapi saya pikir ini mudah..dan juga sebagai kesempatan istirahat penganten...kan pegel juga duduk berdiri nunduk salaman..begitu...trus..
untuk istirahatnya sekalian solat...
kenapa pake dijama'..? emang ga mao istirahat....
referensi dah disampaikan ust.novry, ust zain dan..
قال الاسنائي وما اختاره النووي نص عليه الشافعي في مختصر المزني ويؤيده المعنى ايضا فان المرض يجوز الفطر كالسفر فالجمع اولى بل ذهب جماعة من العلماء الى جواز الجمع في الحضر للحاجة لمن لا يتخذه عادة وبه قال ابو اسحاق المروزي.
, Kifayat al-Akhyar : juz 1, hal. 145.
(فائدة) لنا قول بجواز الجمع في السفر القصير وظاهر الحديث جوازه في حضر كما في شرح مسلم. وحكى الخطابي عن ابي اسحاق جوازه في الحضر للحاجة وان لم يكن خوف ولا مطر ولا مرض. وبه قال ابن المنذر ا.هــــــــــ
Bughyat al-Musytarsyidin : hal. 77.
Pertanyaan :
Hasanul Zain
Ups maaf saya angkat lagi :
ada yang Isykal mengenai Resepsi penganten yang duduk di Pelaminan karena diera sekarang kebanyakan penganten wanitanya Membuka Aurat.
Lalu bagaiman menyikapi dalam hal ini masih dapatkah rukshoh..?
Monggo dilanjut
Jawaban :
Cecep Furqon
bagi saya untuk penganten yang kerjanya cuma duduk, baik ia menutup atau membuka maka tidak boleh baginya menjama, berdasarkan qoul mashur dalam mazhab Syafii dan inipun diakui oleh madzhab yang lain (Imam Hanafi, Imam malik, dan imam Ahmad)..dan muqobilnya( qoul yang jarang atau sedikit) boleh....sebagaimana kita tahu dalam hukum qoul mashur dalam ashablah yang digunakan.....
(فرع)
في مذاهبهم في الجمع في الحضر بلا خوف ولا سفر ولا مرض: مذهبنا ومذهب ابي حنيفة ومالك واحمد والجمهور انه لا يجوز وحكى ابن المنذر عن طائفة جوازه بلا سبب قال وجوزه بن سيرين لحاجة أو ما لم يتخذه عادة
Namun demkian fiqih adalah ranah yang rentan perbedaan, jadi selama seseorang memiliki kekutan atau kemampuan upayakanlah mengmbil azimah bukan rukhsoh, dan jika memang benar-benar, ingat benar-benar sulit maka ambilah rukhsoh sebagai Ramat dari Allah..........
AghitsNy Robby
Dalam hal apapun ada ataupun ga ada sebab, meninggalkan jama' adalah sunnah dan afdol.
illat kesunnahannya karena keluar dari pada khilaf orang yg tak membolehkn jama' spt imam Abu Hanifah.
Namun menjama' solat bisa lebih utama dari pada tidak dijama' pada situasi berikut:
1. saat haji pda hari arofah, ia menjama' taqdim zuhur beserta asar. dan saat di muzdalifah ia menjama' ta'khir maghrib beserta isya.
2. bagi orang yg ragu dgn dalil kebolehan jama'
3. bagi orang membenci jama'
4. ia termasuk orang yg menjadi panutan dalam hadirnya orang2.
taqrirot 318
ايهما افضل الجمع ام تركه؟
الافضل ترك الجمع خروجا من خلاف من لم يجز الجمع كالامام ابي حنيفة الا في اربع حالات فالجمع افضل
١. في الجمع في يوم عرفة فيجمع الظهر مع العصر تقديما و في مزدلفة فيجمع المغرب مع العشاء تأخيرا
٢. و لمن شك في دليل جواز الجمع
٣. و لمن وجد في نفسه كراهية الجمع
٤. و اذا كان ممن يقتدي به في حضرة الناس
Muhammad Al-Muthohhar
nambah sak ndulit
اظهار المرأة عند الزواج >>
> perempuan keluar rumah dalam keadaan berhias / memakai wewangian / memakai pakaian model-model yang menimbulkan fitnah > dosa besar hukumnya jika yaqin akan adanya fitnah (fitnah disini adalah dilihat oleh lelaki yang mana jika melihatnya atau mencium aroma parfumnya akan timbul syahwatnya). dan ini kenyataan dizaman ini, maka bagi para wanita untuk berhati-hati dengan dosa besar, karena walaupun ibadah 100 tahun jika melakukan dosa besar sekali saja, langsung dihukumi fasiq, semoga Allah menjaga para muslimah, aamiin...
> jika kita sudah tau bahwa berhias atau memakai wewangian dihadapan lelaki yang bukan mahrom adalah terlarang, berarti mempertontonkan pengantin wanita dihadapan lelaki yang bukan mahromnya adalah dosa besar.
> jika yang hadir dalam acara mempertontonkan pengantin wanita hanya para wanita saja, yang jadi fotografer juga wanita, intinya yang ada diruangan itu hanya wanita saja (tidak ada lelaki satupun), dan tidak ada yang membawa hp yang ada kameranya (karena bisa disimpan dan akan menyebabkan orang lain menontonnya), atau boleh membawa hp tapi dilarang untuk memotret, maka bisa jadi boleh asalkan tidak menghambur-hamburkan uang untuk acara tersebut (yakni secukupnya saja).
> walaupun ketika saat foto keluarga,, para lelaki tetap dilarang masuk / menonton.!! (yakni tetap para wanita saja yang foto).
> para lelaki yang mahrom dengan pengantin wanita diperbolehkan menyaksikan, asalkan tidak terjadi ikhtilath (campurnya lelaki & para wanita yang bukan mahrom),, karena tidak mungkin lelaki yang hadir mahrom dengan semua wanita yang ikut hadir,,,
jika sampai terjadi ikhtilath, maka hukumnya dosa dan menyebabkan kefasikan,, menghadirinyapun dosa hukumnya.
dan juga diantara merek (penonton lelaki & wanita yang bukan mahrom) harus dipisah satir (pemisah), sekiranya tidak bisa saling lihat.
> PERINGATAN: lelaki melihat wanita yang bukan mahrom / wanita melihat lelaki yang bukan mahromnya > hukumnya dosa walaupun tidak disertai syahwat (syahwat adalah merasa enak dengan melihatnya) dan walaupun aman dari fitnah (fitnah adalah dengan melihatnya timbul dihati keinginan yang dilarang oleh syari'at).
> karena sangking sulitnya syarat-syarat diatas, maka membuat acara yang disangka akan terjadinya kema'siatan hukumnya haram (ma'siat),,
jika anda bisa melaksanakan sesuai syarat-syarat diatas silahkan buat acara tersebut, tetapi jika tidak mampu, maka haram hukumnya.
اعانة الطالبين:
قال ابن الصلاح: وليس المعنى بخوف الفتنة غلبة الظن بوقوعها، بل يكفي أن لا يكون ذلك نادرا.
اعانة الطالبين:
ﻳﺤﺮﻡ ﺗﻌﻤﺪ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻭﺇﻥ ﻧﻈﺮ ﺑﻐﻴﺮ ﺷﻬﻮﺓ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺘﻠﺬﺫ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ . ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺃﻣﻦ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ : ﻫﻲ ﻣﻴﻞ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺩﻋﺎﺅﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﺎﻉ.
احياء علوم الدين:
وتحصيل مظنة المعصية معصية ونعني بالمظنة ما يتعرض الإنسان به لوقوع المعصية غالبا بحيث لا يقدر على الإنكفاف عنها.
اعانة الطالبين:
ومنه (البدع السيئة) الوقوف ليلة عرفة أو المشعر الحرام، والاجتماع ليالي الختوم آخر رمضان، ونصب المنابر والخطب عليها، فيكره ما لم يكن فيه اختلاط الرجال بالنساء بأن تتضام أجسامهم فإنه حرام وفسق.
الزواجر
(الكبيرة التاسعة والسبعون بعد المائتين: خروج المرأة من بيتها متعطرة متزينة ولو بإذن الزوج) أخرج أبو داود والترمذي وقال حسن صحيح أنه - صلى الله عليه وسلم - قال: «كل عين زانية والمرأة إذا استعطرت فمرت بالمجلس فهي كذا وكذا» يعني زانية. والنسائي وابن خزيمة وابن حبان في صحيحيهما: «أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية وكل عين زانية» . ورواه الحاكم وصححه. وصح على كلام فيه لا يضر: «أن امرأة مرت بأبي هريرة - رضي الله عنه - وريحها يعصف فقال لها أين تريدين يا أمة الجبار؟ قالت إلى المسجد؛ قال وتطيبت له؟ قالت: نعم. قال: فارجعي فاغتسلي فإني سمعت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يقول: لا يقبل الله من امرأة خرجت إلى المسجد لصلاة وريحها يعصف حتى ترجع فتغتسل» . واحتج به ابن خزيمة إن صح.
وقد علمت أنه صح على إيجاب الغسل عليها ونفي قبول صلاتها إن صلت قبل أن تغتسل، وليس المراد خصوص الغسل بل إذهاب رائحتها. وابن ماجه: «بينما رسول الله - صلى الله عليه وسلم - جالس في المسجد دخلت امرأة من مزينة ترفل في زينة لها في المسجد، فقال النبي - صلى الله عليه وسلم -: يا أيها الناس انهوا نساءكم عن لبس الزينة والتبختر في المسجد، فإن بني إسرائيل لم يلعنوا حتى لبس نساؤهم الزينة وتبخترن في المسجد» . تنبيه: عد هذا هو صريح هذه الأحاديث، وينبغي حمله ليوافق قواعدنا على ما إذا تحققت الفتنة، أما مع مجرد خشيتها فهو مكروه أو مع ظنها فهو حرام غير كبيرة كما هو ظاهر.
>> dalam Kesunnahan mengumumkan pernikahan tidak ada ketentuan bahwa mereka berdua (pengantin laki & perempuan) untuk ditampak-tampakkan roqobahnya (orangnya / tubuhnya),, intinya akadnya yang ditampakkan.
dengan mengadakan akad di masjid, dan walimah 'urs sudah terwujud idhar (menampakkan / mengumumkan).
فيض القدير:
(أعلنوا هذا النكاح) أشيعوا عقده وأذيعوه ندبا ولا تكتموه وليس المراد هنا الوطء بدليل تعقيبه بقوله (واجعلوه في المساجد) مبالغة في إظهاره واشتهاره فإنه أعظم محافل أهل الخير والفضل (واضربوا عليه بالدفوف)
>> Lalu bagaimana jika pengantin wanita ditampakkan di hadapan para lelaki ajnabi dan dia dalam keadaan menutup aurotnya,,??
walaupun tertutup aurotnya,, tetap tidak boleh,, karena dengan melihat wajahnya (walaupun tidak bersolek / berdandan) atau dengan mendengarkan suaranya ada kekhawatiran fitnah dengan merasa enak ketika melihat atau mendengarkan suaranya...
apalagi yang berdandan / memakai minyak wangi,, fa min babi al-aula,,
bisa tergolong dosa besar jika di yaqini adanya fitnah (sebagaimana dizaman ini yang sudah rusak moralnya kebanyakan orang),,
حاشية جمل:
وعبارة شرح الروض أما النظر والإصغاء لصوتها عند خوف الفتنة أي الداعي إلى جماع أو خلوة أو نحوهما فحرام، وإن لم يكن عورة بالإجماع ثم قال قال الزركشي ويلتحق بالإصغاء لصوتها عند خوف الفتنة التلذذ به، وإن لم يخفها اهـ. بحروفه فأنت ترى عبارة الزركشي صريحة في الحرمة اهـ
Jaka Lela
assalamu'alaikum wr. wb
numpang nayanih :ada sepasang manusia mengadaka resepsi duduk dipelaminan tiba waktu sholat mereka tidak turun dari pelaminan untuk mengerjakan sholat apa hukumnya
solusinya ditunggu ,terimakasih sebelumnya
Jawaban :
Novri Al-Hadzami
Ane lbh berpendapat tdk blh dijamak, krn pendapat yg ma'ruf (terkenal) walaupun ada pendapat yg membolehkan..
فرع المعروف في المذهب أنه لا يجوز الجمع بالمرض ولا الخوف ولا الوحل
وقال جماعة من أصحابنا يجوز بالمرض والوحل
ممن قاله من أصحابنا أبو سليمان الخطابي والقاضي حسين واستحسنه الروياني
فعلى هذا يستحب أن يراعي الأرفق بنفسه فإن كان يحم مثلا في وقت الثانية قدمها إلى الأولى بالشرائط المتقدمة وإن كان يحم في وقت الأولى أخرها إلى الثانية
قلت القول بجواز الجمع بالمرض ظاهر مختار
فقد ثبت في صحيح مسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم جمع بالمدينة من غير خوف ولا مطر
وقد حكى الخطابي عن القفا الكبير الشاشي عن أبي إسحق المروزي جواز الجمع في الحضر للحاجة من غير اشتراط الخوف والمطر والمرض وبه قال ابن المنذر من أصحابنا
والله أعلم
Hasanul Zain
Ini 'Ibarohnya yang membolehkan menjama' sholat karena ada hajat dengan catatan tidak dijadikan kebiasaan.
بل ذهب جماعة من العلماء الى جواز الجمع في الحضر للحاجة لمن لا يتخذه عادة.
كفاية الأخيار ج ١ ص ١٤٥
والله أعلم
AghitsNy Robby
Wa'alaikumussalam warohmatullah..
BOLEH di jama' dgn syarat:
- ada hajat
- ga dibiasain
SUNNAH sholat pada waktunya (ga di jama') krn qoidah "alkhuruj minal khilaf mustahab"
keluar dari khilaf itu sunah.
tapi saya pikir ini mudah..dan juga sebagai kesempatan istirahat penganten...kan pegel juga duduk berdiri nunduk salaman..begitu...trus..
untuk istirahatnya sekalian solat...
kenapa pake dijama'..? emang ga mao istirahat....
referensi dah disampaikan ust.novry, ust zain dan..
قال الاسنائي وما اختاره النووي نص عليه الشافعي في مختصر المزني ويؤيده المعنى ايضا فان المرض يجوز الفطر كالسفر فالجمع اولى بل ذهب جماعة من العلماء الى جواز الجمع في الحضر للحاجة لمن لا يتخذه عادة وبه قال ابو اسحاق المروزي.
, Kifayat al-Akhyar : juz 1, hal. 145.
(فائدة) لنا قول بجواز الجمع في السفر القصير وظاهر الحديث جوازه في حضر كما في شرح مسلم. وحكى الخطابي عن ابي اسحاق جوازه في الحضر للحاجة وان لم يكن خوف ولا مطر ولا مرض. وبه قال ابن المنذر ا.هــــــــــ
Bughyat al-Musytarsyidin : hal. 77.
Pertanyaan :
Hasanul Zain
Ups maaf saya angkat lagi :
ada yang Isykal mengenai Resepsi penganten yang duduk di Pelaminan karena diera sekarang kebanyakan penganten wanitanya Membuka Aurat.
Lalu bagaiman menyikapi dalam hal ini masih dapatkah rukshoh..?
Monggo dilanjut
Jawaban :
Cecep Furqon
bagi saya untuk penganten yang kerjanya cuma duduk, baik ia menutup atau membuka maka tidak boleh baginya menjama, berdasarkan qoul mashur dalam mazhab Syafii dan inipun diakui oleh madzhab yang lain (Imam Hanafi, Imam malik, dan imam Ahmad)..dan muqobilnya( qoul yang jarang atau sedikit) boleh....sebagaimana kita tahu dalam hukum qoul mashur dalam ashablah yang digunakan.....
(فرع)
في مذاهبهم في الجمع في الحضر بلا خوف ولا سفر ولا مرض: مذهبنا ومذهب ابي حنيفة ومالك واحمد والجمهور انه لا يجوز وحكى ابن المنذر عن طائفة جوازه بلا سبب قال وجوزه بن سيرين لحاجة أو ما لم يتخذه عادة
Namun demkian fiqih adalah ranah yang rentan perbedaan, jadi selama seseorang memiliki kekutan atau kemampuan upayakanlah mengmbil azimah bukan rukhsoh, dan jika memang benar-benar, ingat benar-benar sulit maka ambilah rukhsoh sebagai Ramat dari Allah..........
AghitsNy Robby
Dalam hal apapun ada ataupun ga ada sebab, meninggalkan jama' adalah sunnah dan afdol.
illat kesunnahannya karena keluar dari pada khilaf orang yg tak membolehkn jama' spt imam Abu Hanifah.
Namun menjama' solat bisa lebih utama dari pada tidak dijama' pada situasi berikut:
1. saat haji pda hari arofah, ia menjama' taqdim zuhur beserta asar. dan saat di muzdalifah ia menjama' ta'khir maghrib beserta isya.
2. bagi orang yg ragu dgn dalil kebolehan jama'
3. bagi orang membenci jama'
4. ia termasuk orang yg menjadi panutan dalam hadirnya orang2.
taqrirot 318
ايهما افضل الجمع ام تركه؟
الافضل ترك الجمع خروجا من خلاف من لم يجز الجمع كالامام ابي حنيفة الا في اربع حالات فالجمع افضل
١. في الجمع في يوم عرفة فيجمع الظهر مع العصر تقديما و في مزدلفة فيجمع المغرب مع العشاء تأخيرا
٢. و لمن شك في دليل جواز الجمع
٣. و لمن وجد في نفسه كراهية الجمع
٤. و اذا كان ممن يقتدي به في حضرة الناس
Muhammad Al-Muthohhar
nambah sak ndulit
اظهار المرأة عند الزواج >>
> perempuan keluar rumah dalam keadaan berhias / memakai wewangian / memakai pakaian model-model yang menimbulkan fitnah > dosa besar hukumnya jika yaqin akan adanya fitnah (fitnah disini adalah dilihat oleh lelaki yang mana jika melihatnya atau mencium aroma parfumnya akan timbul syahwatnya). dan ini kenyataan dizaman ini, maka bagi para wanita untuk berhati-hati dengan dosa besar, karena walaupun ibadah 100 tahun jika melakukan dosa besar sekali saja, langsung dihukumi fasiq, semoga Allah menjaga para muslimah, aamiin...
> jika kita sudah tau bahwa berhias atau memakai wewangian dihadapan lelaki yang bukan mahrom adalah terlarang, berarti mempertontonkan pengantin wanita dihadapan lelaki yang bukan mahromnya adalah dosa besar.
> jika yang hadir dalam acara mempertontonkan pengantin wanita hanya para wanita saja, yang jadi fotografer juga wanita, intinya yang ada diruangan itu hanya wanita saja (tidak ada lelaki satupun), dan tidak ada yang membawa hp yang ada kameranya (karena bisa disimpan dan akan menyebabkan orang lain menontonnya), atau boleh membawa hp tapi dilarang untuk memotret, maka bisa jadi boleh asalkan tidak menghambur-hamburkan uang untuk acara tersebut (yakni secukupnya saja).
> walaupun ketika saat foto keluarga,, para lelaki tetap dilarang masuk / menonton.!! (yakni tetap para wanita saja yang foto).
> para lelaki yang mahrom dengan pengantin wanita diperbolehkan menyaksikan, asalkan tidak terjadi ikhtilath (campurnya lelaki & para wanita yang bukan mahrom),, karena tidak mungkin lelaki yang hadir mahrom dengan semua wanita yang ikut hadir,,,
jika sampai terjadi ikhtilath, maka hukumnya dosa dan menyebabkan kefasikan,, menghadirinyapun dosa hukumnya.
dan juga diantara merek (penonton lelaki & wanita yang bukan mahrom) harus dipisah satir (pemisah), sekiranya tidak bisa saling lihat.
> PERINGATAN: lelaki melihat wanita yang bukan mahrom / wanita melihat lelaki yang bukan mahromnya > hukumnya dosa walaupun tidak disertai syahwat (syahwat adalah merasa enak dengan melihatnya) dan walaupun aman dari fitnah (fitnah adalah dengan melihatnya timbul dihati keinginan yang dilarang oleh syari'at).
> karena sangking sulitnya syarat-syarat diatas, maka membuat acara yang disangka akan terjadinya kema'siatan hukumnya haram (ma'siat),,
jika anda bisa melaksanakan sesuai syarat-syarat diatas silahkan buat acara tersebut, tetapi jika tidak mampu, maka haram hukumnya.
اعانة الطالبين:
قال ابن الصلاح: وليس المعنى بخوف الفتنة غلبة الظن بوقوعها، بل يكفي أن لا يكون ذلك نادرا.
اعانة الطالبين:
ﻳﺤﺮﻡ ﺗﻌﻤﺪ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻭﺇﻥ ﻧﻈﺮ ﺑﻐﻴﺮ ﺷﻬﻮﺓ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺘﻠﺬﺫ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ . ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺃﻭ ﻣﻊ ﺃﻣﻦ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ : ﻫﻲ ﻣﻴﻞ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺩﻋﺎﺅﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﺎﻉ.
احياء علوم الدين:
وتحصيل مظنة المعصية معصية ونعني بالمظنة ما يتعرض الإنسان به لوقوع المعصية غالبا بحيث لا يقدر على الإنكفاف عنها.
اعانة الطالبين:
ومنه (البدع السيئة) الوقوف ليلة عرفة أو المشعر الحرام، والاجتماع ليالي الختوم آخر رمضان، ونصب المنابر والخطب عليها، فيكره ما لم يكن فيه اختلاط الرجال بالنساء بأن تتضام أجسامهم فإنه حرام وفسق.
الزواجر
(الكبيرة التاسعة والسبعون بعد المائتين: خروج المرأة من بيتها متعطرة متزينة ولو بإذن الزوج) أخرج أبو داود والترمذي وقال حسن صحيح أنه - صلى الله عليه وسلم - قال: «كل عين زانية والمرأة إذا استعطرت فمرت بالمجلس فهي كذا وكذا» يعني زانية. والنسائي وابن خزيمة وابن حبان في صحيحيهما: «أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية وكل عين زانية» . ورواه الحاكم وصححه. وصح على كلام فيه لا يضر: «أن امرأة مرت بأبي هريرة - رضي الله عنه - وريحها يعصف فقال لها أين تريدين يا أمة الجبار؟ قالت إلى المسجد؛ قال وتطيبت له؟ قالت: نعم. قال: فارجعي فاغتسلي فإني سمعت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يقول: لا يقبل الله من امرأة خرجت إلى المسجد لصلاة وريحها يعصف حتى ترجع فتغتسل» . واحتج به ابن خزيمة إن صح.
وقد علمت أنه صح على إيجاب الغسل عليها ونفي قبول صلاتها إن صلت قبل أن تغتسل، وليس المراد خصوص الغسل بل إذهاب رائحتها. وابن ماجه: «بينما رسول الله - صلى الله عليه وسلم - جالس في المسجد دخلت امرأة من مزينة ترفل في زينة لها في المسجد، فقال النبي - صلى الله عليه وسلم -: يا أيها الناس انهوا نساءكم عن لبس الزينة والتبختر في المسجد، فإن بني إسرائيل لم يلعنوا حتى لبس نساؤهم الزينة وتبخترن في المسجد» . تنبيه: عد هذا هو صريح هذه الأحاديث، وينبغي حمله ليوافق قواعدنا على ما إذا تحققت الفتنة، أما مع مجرد خشيتها فهو مكروه أو مع ظنها فهو حرام غير كبيرة كما هو ظاهر.
>> dalam Kesunnahan mengumumkan pernikahan tidak ada ketentuan bahwa mereka berdua (pengantin laki & perempuan) untuk ditampak-tampakkan roqobahnya (orangnya / tubuhnya),, intinya akadnya yang ditampakkan.
dengan mengadakan akad di masjid, dan walimah 'urs sudah terwujud idhar (menampakkan / mengumumkan).
فيض القدير:
(أعلنوا هذا النكاح) أشيعوا عقده وأذيعوه ندبا ولا تكتموه وليس المراد هنا الوطء بدليل تعقيبه بقوله (واجعلوه في المساجد) مبالغة في إظهاره واشتهاره فإنه أعظم محافل أهل الخير والفضل (واضربوا عليه بالدفوف)
>> Lalu bagaimana jika pengantin wanita ditampakkan di hadapan para lelaki ajnabi dan dia dalam keadaan menutup aurotnya,,??
walaupun tertutup aurotnya,, tetap tidak boleh,, karena dengan melihat wajahnya (walaupun tidak bersolek / berdandan) atau dengan mendengarkan suaranya ada kekhawatiran fitnah dengan merasa enak ketika melihat atau mendengarkan suaranya...
apalagi yang berdandan / memakai minyak wangi,, fa min babi al-aula,,
bisa tergolong dosa besar jika di yaqini adanya fitnah (sebagaimana dizaman ini yang sudah rusak moralnya kebanyakan orang),,
حاشية جمل:
وعبارة شرح الروض أما النظر والإصغاء لصوتها عند خوف الفتنة أي الداعي إلى جماع أو خلوة أو نحوهما فحرام، وإن لم يكن عورة بالإجماع ثم قال قال الزركشي ويلتحق بالإصغاء لصوتها عند خوف الفتنة التلذذ به، وإن لم يخفها اهـ. بحروفه فأنت ترى عبارة الزركشي صريحة في الحرمة اهـ
Belum ada Komentar untuk "0148 : MENINGGALKAN SHOLAT KETIKA MENGADAKAN RESEPSI PERNIKAHAN"
Posting Komentar