0124 : Hukum Mendonorkan Ginjal dan Bagi Penerima Donor
Minggu, 19 Mei 2013
1 Komentar
Hasan Scul
askum smuanya..aku mau tanya,bagai mana hukumnya....mendonorkan ginjal dan bagai mana..hukum nya..orang yang menerimanya...MAKASIH.
Cecep Furqon
askum smuanya..aku mau tanya,bagai mana hukumnya....mendonorkan ginjal dan bagai mana..hukum nya..orang yang menerimanya...MAKASIH.
Cecep Furqon
askum smuanya..aku mau tanya,bagai mana hukumnya....mendonorkan ginjal dan bagai mana..hukum nya..orang yang menerimanya...MAKASIH..
================
Tafsil
Ikhtilaf ulama dalam perkara memindahkan anggota tubuh ke tubuh yang lain (transplantasi). Perbedaan itu dapat kita liat jika kita telusuri para fiqih Kontemporer, namun dalam hal ini kami akan mengkerucutkan masalah itu dalam beberapa poin:
1. Jika anggota yang di pindahkan berasal dari yang mati, serta ia telah mewasiatkan atau telah memberi izin sebelum matinya, maka pemindahan anggota tubuh dia tidak terlarang(boleh), dimana memang tidak ada dalil yang melarang dan di jadikan sandaran tuk mengharamkannya, dan perlu diketahui bahwa kemuliaan anggota tubuh mayit tidak menjadi penghalang untuk dapat di manfaatkan buat yang masih hidup. Berdasarkan Qo’idah mendahulukan yang lebih penting serta Dhorurot membolehkan hal yang haram.
Jika si mayit selama hidupnya tidak berwasiat atau belum meminta idzin kepadanya maka idzin tersebut dapat diperoleh melalui Walinya, jika si wali tidak mengidzinkan maka disini khilaf ada sebagian ulama yang melarang ada sebagian ulama yang membolehkan, padahal tidak diragukan oleh kita bahwa dhorurot dalam menyelamatkan yang hidup dapat membolehkan yang haram. Dengan demikian pemindahan ini tidak dapat di benarkan kecuali dhorurot ( artinya mufti mesir membolehkan).
2. Jika anggota yang dipindahkan berasal dari yang hidup maka perlu di kaji dahulu menjadi:
a. apabila anngota yang di pindahkan itu dapat menyebabkan kematian yang mendonor s,eperti hati maka hukum pemindahan itu haram hukumnya secara mutlaq, baik si pendonor memberi izin atau tidak. Sebab jika ia mengidzinkan ia termasuk bunuh diri. Dan jika ia tidak mengizinkan maka termasuk membunuh jiwa dengan tanpa Hak, kedua hal ini haram.
b. apabila anggota yang dipindahkan itu tidak menyebabkan kematian terhadap si pendonor, dengan pengertian jika anggotanya di donori ia tidak mati, maka perlu di kaji dahulu menjadi 2...
1. Jika dalam pemindahan anggota itu dapat menyebabkan kelemahan(TIDAK MAMPU) baginya tuk menunaikan kewajiban, atau pemindahan itu dalam rangka menolong yang haram, maka hukumnya haram, sperti orang yang memindahkan dua tangan atau kaki dimana dengan sebab itu ia menjadi tidak mampu tuk berusaha, atau dengan penymbangannya itu anggota yang di donorkan akan di berikan kepada oranag yang mau melakukan hal yang terlarang, maka dalam keadaan seperti ini terhukum haram, baik di izinkan atau tidak.
2. Jika pendonoran itu tidak menyebabkan seperti di atas, sperti memindahkan salah satu ginjal atai mata atau gigi atau sebagian darah maka hal ini hanya mempertimbangkan izin si pemilik, jika tidak maka yang mengambil terkena kewajiban ganti, hal ini tentunya sebagaimana telah di rinci dalam kitab-kitab fiqih jinayah terhadap jiwaatau anggota. Kalau di izinkan maka terjadi khilaf kembali, yang dapat di simpulakn menjadi Dua;Merka yang mengharamkan, Hujah mereka adalah qoul Imama nawawi yang menekankan keharaman memanfaatkan anggota tubuh manusia lihat almajmu jil 3 hal 149 dan sarah muslim jil 14 hal 103 yang ilat(alasannya ) di ambil dari hadis pengharaman menyambung rambut. Namun hujah mereka yang mengharamkan ini di tolak dengan argumen bahwa kehormatan rambut adalah perkara yang ikhtilaf jika bertujuan bukan untuk menipu dan fitnah, dan dalil yang mengharuskan penguburan anggota tubuh manusia tidak sohiih, Ibn Hajar berkata; dalam Hadis bahwa boleh membiarkan rambut dan tidak menguburnya lihat fathul bari jil 12 hal 497 dan di jawab denga qoidah addhorurotu tubihul mahdzuroot
======================
اختلفت آراء الفقهاء ورجال القانون فى هذا الموضوع ، وبعد استعراض أدلتهم وما جاء فى كتب الفقه نرى ما يأتى :
أولا : إذا كان المنقول منه ميتا ، فإن كان قد أوصى أو أذن قبل وفاته بهذا النقل فلا مانع من ذلك حيث لا يوجد دليل يعتمد عليه فى التحريم وكرامة أجزاء الميت لا تمنع من انتفاع الحى بها ، تقديما للأهم على المهم ، والضرورات تبيح المحظورات كما هو مقرر .
وإن لم يوص أو لم يأذن قبل موته ، فإن أذن أولياؤه جاز ، وإن لم يأذنوا : قيل بالمنع وقيل بالجواز ، ولا شك أن الضرورة فى إنقاذ الحى تبيح المحظور . وهذا النقل لا يصار إليه إلا للضرورة .
ثانيا : إذا كان المنقول منه حيا ، فإن كان الجزء المنقول يفضى إلى موته مثل القلب كان النقل حراما مطلقا ، أى سواء أذن فيه أم لم يأذن ، لأنه إن أذن كان انتحارا ، وإن لم يأذن كان قتلا لنفس بغير حق ، وكلاهما محرم كما هو معروف .
وإن لم يكن الجزء المنقول مفضيا إلى موته ، على معنى أنه يمكن أن يعيش
إن كان فيه تعطيل له عن واجب ، أو إعانة على محرَّم كان حراما ، وذلك كاليدين معا أو الرجلين معا ، بحيث يعجز عن كسب عيشه أو يسلك سبلا غير مشروعة وفى هذه الحالة يستوى فى الحرمة الإذن وعدم الإذن .
وإن لم يكن فيه ذلك كنقل إحدى الكليتين أو العينين أو الأسنان أو بعض الدم ، فإن كان النقل بغير إذنه حرم ، ووجب فيه العوض ، على ما هو مفصل فى كتب الفقه فى الجناية على النفس والأعضاء ، وإن كان بإذنه قال جماعة بالتحريم ، واحتج بعضهم عليه بكرامة الآدمى التى تتنافى مع انتفاع الغير بأجزائه ، وبأن ما يقطع منه يجب دفنه .
يقول النووى فى حرمة وصل الشعر بشعر الآدمى : لأنه يحرم الانتفاع بشعر الآدمى وسائر أجزائه لكرامته ، بل يدفن شعره وظفره وسائر أجزائه (المجموع ج 3 ص 149 ، شرح مسلم ج 14 ص 103) . ويمكن الرد على ذلك بأن وصل الشعر بالشعر مختلف فى حرمته إذا كان لغير الغش والتدليس أو الفتنة . وبأن وجوب دفنه ليس عليه دليل صحيح . قال ابن حجر : وفى حديث جواز إبقاء الشعر وعدم وجوب دفنه (فتح البارى ج 12 ص 497 ) ، وبأن الضرورات تبيح المحظورات
بدونه فينظر
darul Ifta Misriyah..... Abdur Rahman Assyafi'i
waduh yai, kalo dalam ahkamul fuqoha tentang cangkok mata Berkaitan dgn fatwa mufti mesir
مسالة : ما قولكم فى افتاء مفتى الديار المصرية بجواز اخذ حداقة الميت لوصلها الى عين الاعمى هل هو صحيح او لا؟
قرر المؤتمر بان ذلك الافتاء غير صحيح بل يحرم اخذ حداقة للميت و لو غير محترم كمرتد و حربي و يحرم و صله باجزاء الادمي لان ضرر العمي لا يزيد على مفسدة انتهاك حرمات الميت كما فى حاشية الرشيدي على ابن العماد ص ٢٦
Abdur Rahman Assyafi'i
yups sepakat dgn adanya syarat
1. Karena dibutuhkan
2. Tdk ditemui selain dari anggota tubuh manusia
3. Mata yg diambil harus dari mayit yg muhaddaroddam
4. Antara yg diambil dan yg menerima harus ada persamaan agama
(ahkamul fuqoha) Cecep Furqon
• يجوز نقل عضو من ميت إلى حي تتوقف حياته على ذلك العضو، أو تتوقف سلامة وظيفة أساسية فيه على ذلك بشرط أن يأذن الميت أو ورثته بعد موته أو بشرط موافقة ولي المسلمين إن كان المتوفى مجهول الهوية أو لا ورثة له
• يحرم نقل عضو تتوقف عليه الحياة كالقلب من إنسان حي إلى إنسان آخر
يجوز نقل العضو من جسم انسان إلى جسم إنسان آخر إن كان هذا العضو يتجدد تلقائيا كالدم والجلد
(apabila anngota yang di pindahkan itu dapat menyebabkan kematian yang mendonor s,eperti hati maka hukum pemindahan itu haram hukumnya secara mutlaq, baik si pendonor memberi izin atau tidak. Sebab jika ia mengidzinkan ia termasuk bunuh diri. Dan jika ia tidak mengizinkan maka termasuk membunuh jiwa dengan tanpa Hak, kedua hal ini haram.) Lah ini maksudnya apa ∂άn bagaimana, jika mendonorkan dosa, ∂άn jika tidak juga berdosa.
BalasHapus