0099. BERJAMAAH DENGAN IMAM YANG KEJATUHAN NAJIS

Fadhel Laa Adigoena

pas ditengah2 sholat jamaah, tiba2 si imam kejatuhan telek cecek di punggungnya otomatis si imam g taukan... tp simakmum tau kalo imamnya bajunxa kena telek jd batal, ptanyaanya?apakah makmum batal jg? apabl makmum melanjutkan sholatnya dgn niat mufaroqoh syah tdk? n kalo makmum tetap mengkti imam smpe slesai syah tdk? trm ksh..

JAWABAN

Dewan Masjid Assalaam

Kalau melihat imamnya terkena najis maka ia punya dua pilihan :
1. Istikhlaf, mengangkat imam pengganti.
2. Mufaroqoh.

Tetapi kalau imam terkena najisnya tersebut sudah sempat diikuti ketika melakukan rukun maka shalat makmum batal dan harus diulang dari awal.
kalau dari kasus di atas kena najisnya di dalam shalat jadi masih memungkinkan istikhlaf atau mufaroqoh. Seperti diungkap dalam ibarot berikut :

ومتى قطع الامام صلاته بحدث او بغيره كطروّ نجاسة فله اي للامام استخلاف من يتمها

Maka ketika shalat imam terputus dengan sebab hadats atau sebab lainnya seperti kejatuhan najis maka boleh bagi imam mengangkat imam pengganti untuk menyelesaikan jamaahnya. Anwarul masalik bab Shalat Jamaah.

AghitsNy Robby

idem dgn jawaban ust. DMA.

Dewan Masjid Assalaam

wa'alaikumussalaam
1. hukum shalat jamaahnya batal, shalat imam batal, shalat makmum batal jika ia mengetahui najisnya imam dan tidak mufarroqoh. Jika makmum mufarroqoh maka shalatnya sah.
2. Makmum wajib mufarroqoh dari imam. ketika mengetahui bahwa imamnya memiliki najis maka makmum wajib mufarroqoh. Jika tidak maka shalatnya batal. Jika tahunya setelah salam maka imam maupun makmum wajib mengulang shalatnya kecuali najisnya imam adalah najis khafy (hukmiyyah) atau imamnya berhadats maka makmum tidak wajib mengulang.

و قد تجب المفارقة كان عرض مبطل لصلاة امامه و قد علمه فيلزمه نيتها فورا و الا بطلت و ان لم يتابعه مطلقا كما في المجموع
)اعانة(

artinya: dan terkadang wajib mufaroqoh spt datangnya sesuatu yg mmbatalkn solat imam dan ma'mum mengetahuinya mk wajib ma'mum niat mufaroqoh dg segera kalo tidak maka batal walaupun ia tak mengilutinya scr mutlak sbgmn dlm ktb majmu'

Ghufron Bkl

gus Aghitsny@ kasus diatas adalah najis zhohir yg mana seandai ma'mum tahu setelah salam maka wajib iadah :

. أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه اعانة الطالبين ٢/٤٦

Setiap kejadian yg bila mana ma'mum mengetahui setelah salam harus iadah maka bila tahu di pertengah shalat maka harus mulai dari awal lagi dan tdk cukup dgn niat mufaroqoh.:

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة الطالبين ٢/٤٥

Dewan Masjid Assalaam

Perlu difahami dulu maksud dari kalimat :

.كل ما يوجب الإعادة

Yang mewajibkan i'adah misalnya adalah ketika mengikuti imam tidak layak semisal kafir, atau imamnya shalat dengan najis dhohir, dikecualikan imam yang hadats atau punya najis khafy. Meski diketahuinya sudah di tengah shalat, maka wajib i'adah. Kalau imam baru saja kena najis dhohir tidaklah termasuk yang wajib i'adah karena sebelumnya imam sah dijadikan imam.

Cecep Furqon

Ghus Ghufron dan najis yang jatuh ditengah salat jamaah tidak termasuk dalam hal yang mewajibkan i’adah jika datang ditengah sebagaimana dalam rincin hasyiah jamal;

( قوله ولو بان إمامه كافرا ) أي أو مأموما أو أنثى أو خنثى أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة كما سيأتي فضابط المسألة أن كل ما لا يصح فيه الاقتداء عند العلم أو الجهل تجب فيه الإعادة عند التبين ، وإن كل ما يصح فيه الاقتداء عند الجهل دون العلم لا تجب فيه الإعادة عند التبين ككونه محدثا أو تلزمه الإعادة ا هـ شيخنا .
( قاعدة ) كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوجب الاستئناف ولا يجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الاقتداء ابتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء يوجب الاستئناف ، ويجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة ا هـ

Adapun Ibarot
أما إذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وإن حال بين الإمام والمأموم حائل
والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه

Ini dalah jika mani yang dzohir itu ada sebelum salat didirikan, tetpi si makmum tidak teliti. Bukan mani dzohir yang datang ditengah.

Ghufron Bkl

gus Cecep@ apa beday antara yg terjadi dari sebelum shalat dgn yg di pertengahan shalat ?

Dewan Masjid Assalaam

Yang mewajibkan i'adah misalnya
adalah ketika mengikuti imam tidak layak semisal kafir, atau imamnya shalat dengan najis dhohir, dikecualikan imam yang hadats atau punya najis khafy. Meski diketahuinya sudah di tengah shalat, maka wajib i'adah. Kalau imam baru saja kena najis dhohir tidaklah termasuk yang wajib i'adah karena sebelumnya imam sah dijadikan imam. Suka · 3 menit yang lalu

Sya isykal dgn yg ini : Kalau imam baru saja kena najis dhohir tidaklah termasuk yang wajib i'adah karena sebelumnya imam sah dijadikan imam. Afwan
gus Cecep n gus DMA@ monggo ini di share :

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة الطالبين ٢/٤٥

Dewan Masjid Assalaam

Untuk mudahnya, coba gunakan ibaroh saya dari anwarul masalik. bagaimana mungkin terjadi istikhlaf ketika imam kejatuhan najis jika imam maupun makmum wajib i'adah? Di ibarot terusannya dijelaskan bahwa makmum tidak wajib niat ikut pada imam pengganti bahkan boleh mufaroqoh.
Rabu pukul 18:18 · Suka

Ghufron Bkl

 .كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة الطالبين ٢/٤٥
Seandai ta'bir diatas tdk ada lafazh : الأثناء maka taslim dgn uraian diatas. Afwan

Dewan Masjid Assalaam

 Yang طرأ في الأثناء itu bukan najisnya tetapi kewajiban i'adahnya
contohnya orang yang mengikuti imam dengan najis ainiyyah, jika di tengah shalat ia tahu bahwa ia telah mengikuti imamnya yang memiliki najis ainiyyah maka batal shalatnya. Beda jika ia tidak mengikutinya karena seketika mufaroqoh atau istikhlaf saat imam kena najis, ia tak wajib mufaroqoh karena ia tidak sempat iqtida' pada imam yang najis

Ghufron Bkl

Dewan Masjid Assalaam

itu bukan najisnya tetapi kewajiban i'adahnya contohnya orang yang mengikuti imam dengan najis ainiyyah, jika di tengah shalat ia tahu bahwa ia telah mengikuti imamnya yang memiliki najis ainiyyah maka batal shalatnya. Beda jika ia tidak mengikutinya karena seketika mufaroqoh atau istikhlaf saat imam kena najis, ia tak wajib mufaroqoh karena ia tidak sempat iqtida' pada imam yang najis
Pemahaman dari mana itu, coba baca semua jangan sepotong2
 .كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة

Coba difahami ini : .كل ما يوجب الإعادة

Kok bisa begini : itu bukan najisnya tetapi kewajiban i'adahnya

Cecep Furqon

Gus gufron:
1.
كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة

2.

قوله ولو بان إمامه كافرا ) أي أو مأموما أو أنثى أو خنثى أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته
فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة

adapun masalah diatas adalah masalah yang tidak masuk dlam katagori 11 perkar yang wajib I'adah. kenapa sebab patokannya no satu

كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف

Ghufron Bkl

. أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه

Cecep Furqon

Pemahaman dari Ibarot yang ada Gus ..

. أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه

ini adalah ibarat tuk najis/kotoran yang telah ada sebelum solat namun ma'mum tidak tau, dan ditengah solat najis itu keliatan atau tampak.....lengkapnya Gus..

أما إذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وإن حال بين الإمام والمأموم حائل
والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه والخفي بخلافه
وصحح النووي في التحقيق عدم وجوب الإعادة مطلقا

Gus Gufron liat dalam ibarot terdapat كل ما يوجب الإعادة nah kullu maa yajibu i'adata ini di rinci dalam hasiyah jamal:
فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة

mana yang sebelas yang wajib Iadah; jawab

ولو بان إمامه كافرا ) أي أو مأموما أو أنثى أو خنثى أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته
فهذه

tak ada suroh sebagaimana kasus diatas,,,,

 ( قوله ولو بان إمامه كافرا ) أي أو مأموما أو أنثى أو خنثى أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة كما سيأتي فضابط المسألة أن كل ما لا يصح فيه الاقتداء عند العلم أو الجهل تجب فيه الإعادة عند التبين ، وإن كل ما يصح فيه الاقتداء عند الجهل دون العلم لا تجب فيه الإعادة عند التبين ككونه محدثا أو تلزمه الإعادة ا هـ شيخنا .
( قاعدة ) كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوجب الاستئناف ولا يجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الاقتداء ابتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء يوجب الاستئناف ، ويجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة ا هـ

fokus

( قوله ولو بان إمامه كافرا ) أي أو مأموما أو أنثى أو خنثى أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة



Ta perkuat

ع ش ( قوله : بحدث ، أو غيره ) كموت ومع ذلك يجب على المأمومين نية المفارقة إزالة للقدوة الصورية أي : في غير الموت وعبارة ز ي ومن العذر ما يوجب المفارقة أي : بالنية لوجود المتابعة الصورية كمن وقع على ثوب إمامه نجس لا يعفى عنه ، أو انقضت مدة الخف والمقتدي يعلم ذلك ا هـ ويؤخذ من قوله لوجود المتابعة الصورية أن محل وجوب نية المفارقة حيث بقي الإمام على صورة المصلين أما لو ترك الصلاة وانصرف ، أو جلس على غير هيئة المصلين ، أو مات لم يحتج لنية المفارقة

Bujairimy

Ghufron Bkl

gus Cecep@ coba dua ibaroh ini di fahami : 1.. أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على غير الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه

2. .كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة

Cecep Furqon

pemahamanku gus..liat qorinah
لتقصيره
dengan demikian ibarot itu untuk najis yang ada sebelum salat didirikan kemudian terlihat oleh makmum,,,padahal najis itu jels terlihat namun akibat lalainya ia maka wajib i'adah, makanya di akhir ibarot itu terdapat kalimat
والخفي بخلافه

Ghufron Bkl

yo wes klau pemahaman antum begono monggo...

Tpi sya tetap tdk sependapat dgn antum.afwan
oh yaa walkhofie bikhilafihi adalah ta'rify najis khofie

Hasanul Zain

Saya pribadi lebih Cendrung dengan pendapat yang menyatakan Boleh melanjutkan Sholatnya bagi Ma'mum yang mengetahui Imamnya kejatuhan Najis ditengah" sholat yang Tentunya dengan Niat Mufaroqoh.

ﻗﻮﻟﻪ : ﺍﻧﻘﻄﻌﺖ ﺍﻟﻘﺪﻭﺓ ( ﺃﻱ ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﺗﺠﺐ ﻧﻴﺔ
ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ ﺇﺯﺍﻟﺔ ﻟﻠﻘﺪﻭﺓ ﺍﻟﺼﻮﺭﻳﺔ ، ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺷﻴﺨﻨﺎ
ﺍﻟﺰﻳﺎﺩﻱ ﻗﻮﻟﻪ ﺇﻻ ﻟﻌﺬﺭ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻌﺬﺭ ﻣﺎ ﻳﻮﺟﺐ ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ :
ﺃﻱ ﺑﺎﻟﻨﻴﺔ ﻟﻮﺟﻮﺩ ﺍﻟﻤﺘﺎﺑﻌﺔ ﺍﻟﺼﻮﺭﻳﺔ ﻛﻤﻦ ﻭﻗﻊ ﻋﻠﻰ
ﺛﻮﺏ ﺇﻣﺎﻣﻪ ﻧﺠﺲ ﻻ ﻳﻌﻔﻰ ﻉﻧﻪ ﺃﻭ ﺍﻧﻘﻀﺖ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺨﻒ
ﻭﺍﻟﻤﻘﺘﺪﻯ ﻳﻌﻠﻢ ﺫﻟﻚ ﺍ ﻫـ .
ﻭﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﻟﻮﺟﻮﺩ ﺍﻟﻤﺘﺎﺑﻌﺔ ﺍﻟﺼﻮﺭﻳﺔ ﺃﻥ ﻣﺤﻞ
ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﺣﻴﺚ ﺑﻘﻲ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ
ﺃﻣﺎ ﻝﻭ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻧﺼﺮﻑ ﺃﻭ ﺟﻠﺲ ﻣﺜﻼ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ
ﻫﻴﺌﺔ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻟﻢ ﻳﺤﺘﺞ ﻟﻨﻴﺔ ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ ﻭﻫﻮ ﻇﺎﻫﺮ ،
ﻭﺑﻪ ﺻﺮﺡ ﺣﺞ ﺣﻴﺚ ﻗﺎﻝ : ﻭﻗﺪ ﺗﺠﺐ ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ ﺇﻥ
ﻋﺮﺽ ﻣﺒﻄﻞ ﻟﺼﻼﺓ ﺇﻣﺎﻣﻪ ﻭﻗﺪ ﻋﻠﻤﻪ ﻓﻴﻠﺰﻣﻪ ﻧﻴﺘﻬﺎ
ﻓﻮﺭﺍ ﻭﺇﻻ ﺑﻄﻠﺖ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺎﺑﻌﻪ ﺍﺗﻔﺎﻗﺎ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ

نهاية المحتاج الى شرح المنهاج المكتابة الشاملاة

Hasanul Zain

Bungkus Sholat Makmum Sah bila Langsung Mufaroqoh.
Rabu pukul 23:31 melalui seluler · Suka · 1
Ghufron Bkl yups sefakat bila najisy berupa najis khofiy, akan tetapi bila najis zhohir maka tdk dgn niat
mufaroqoh :

.وقد تجب المفارقة كأن رأى إمامه متلبسا بما يبطل الصلاة ولو لم يعلم الإمام به كأن رأى على ثوبه نجاسة غير معفو عنها أى خفية تحت ثوبه وكشفها الريح مثلا___قوله أى خفية أما الظاهرة فالواجب فيها الإستئناف لعدم انعقاد الصلاة. المجموع ٢/٢٣٦

Cecep Furqon

Bagaimana dengan

المفارقة إزالة للقدوة الصورية أي : في غير الموت وعبارة ز ي ومن العذر ما يوجب المفارقة أي : بالنية لوجود المتابعة الصورية كمن وقع على ثوب إمامه نجس لا يعفى عنه ، أو انقضت مدة الخف والمقتدي يعلم ذلك ا هـ ويؤخذ من قوله لوجود المتابعة الصورية أن محل وجوب نية المفارقة حيث بقي الإمام على صورة المصلين أما لو ترك الصلاة وانصرف ، أو جلس على غير هيئة المصلين ، أو مات لم يحتج لنية المفارقة
Bujairimy

kemudian tabir nihayah

أما لوبان إمامه ذانجاسة ظاهرة وهي العينية فانه تلزمه الاعادة ، ولا فرق في ذلك بين القريب والبعيد، ولا بين القائم والقاعد ، ولا بين الأعمى والبصير.

نهاية الزن ص ١٣٠

ini adalah Ibarot yang menunjukan bahw imam telah membawa najis sebelumnya kemudian menjadi jelas oleh ma'mu(terlihat) ini wajib i'adah..kenap wajib I'adah sebab pada awalnya imam ga bisa sah salatnya......


Ghufron Bkl

gus Cecep@ apa beday antara njiis yg dari awal dgn yg di pertengahan :

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة
الطالبين ٢/٤٥

Cecep Furqon

Kalu gus ghuron bawa tabir itu saya bawa tabir yang diatas juga lihat

أو أميا أو مجنونا أو تاركا لتكبيرة الإحرام أو للفاتحة في الجهرية أو قادرا على القيام أو على السترة ، وكان يصلي عاريا أو من قعود أو ساجدا على نحو كمه مما يتحرك بحركته فهذه إحدى عشرة صورة تجب فيها الإعادة كما سيأتي فضابط المسألة أن كل ما لا يصح فيه الاقتداء عند العلم أو الجهل تجب فيه الإعادة عند التبين ، وإن كل ما يصح فيه الاقتداء عند الجهل دون العلم لا تجب فيه الإعادة عند التبين ككونه محدثا أو تلزمه الإعادة ا هـ شيخنا .
( قاعدة ) كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوجب الاستئناف ولا يجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الاقتداء ابتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء يوجب الاستئناف ، ويجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة ا هـ

lalu lihat i'anah yang dibawakan gus sendiri

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة
الطالبين ٢/٤٥

disini ada dua ketentuan pertama fokus

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة

kedua fokus

وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة
الطالبين ٢/٤٥

dalam qoidah kedua fokus;

مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم

Hasanul Zain

Khilaf Tadz menurut Imam Nawawi di Dalam Kitab Tahqiq tidak Wajib I'adah walaupun Najis Dzohir.
Monggo...
adapun kasus yang ditnyakan ditengan salat jatuh kotoran

Ghufron Bkl

klo mengatakan khilaf sya setuju sebagaimana jga di jelaskan dalam ianah, tpi klo dikatakan muthlaq sya tdk setuju


Cecep Furqon

sepakat.........



http://www.facebook.com/groups/forsil.jabodetabek/permalink/243878785750519/

Belum ada Komentar untuk "0099. BERJAMAAH DENGAN IMAM YANG KEJATUHAN NAJIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel